0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perum Jamkrindo Targetkan Rp 77 T Untuk UMKM

Sukoharjo — Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menargetkan penjaminan kepada usaha mikro dan kecil pada tahun 2015 sebesar Rp 77 Triliun. Angka ini meningkat sekitar 80 persen dari tahun lalu dengan penjaminan Rp 41 Triliun.

“Kalau secara global sejak tahun tujupuluhan, ada sekitar Rp 600 Triliun, sedangkan tahun lalu kita menjamin Rp 41 Triliun itu sama dengan sekitar 18 persen dari jumlah keseluruhan UMKM yang ada di Indonesia sekitar 57 juta,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S. Anwar, Rabu (1/4).

Dari angka 57 Juta usaha mikro kecil dan menegah di seluruh Indonesia, baru pada angka 19 persen sudah mendapat pelayanan penjaminan dari Jamkrindo. Sehingga untuk tahun ini diharapkan target sebesar Rp 77 Triliun bisa teralisasi dengan adanya program kartu IUMK dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Untuk mendaptkan pelayanan penjaminan kredit dari Jamkrindo diklaim sangat mudah. Para pelaku usaha mikro dan kecil yang sudah terdaftar dan memiliki kartu IUMK, jika dalam mengajukan kredit di setujui bank, sudah pati mendapat penjaminan dari Jamkrindo.

“Sehingga pihak perbankan itu merasa aman dan nyaman untuk mengucurkan dana kepada pelaku usaha kecil ini, karena sudah kita jamin, dan bagi pelaku usaha juga nyaman karena ada pendampingan untuk mengembangkan usahanya sampai nanti naik kelas,” tandas Diding.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge