0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenkop dan UKM Kenalkan Kartu IUMK

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (dok.timlo.net/google)

Sukoharjo — Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga memperkenalkan kartu Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada masyarakat Sukoharjo, Rabu (1/4). Kartu ini diklaim mempunyai empat keuntungan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

“Kartu ijin ini dikeluarkan untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil, dalam mengemangkan usahanya,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga.

Salah satu keuntungan dari empat yang dikatakan Menkop dan UKM adalah mendapatkan fasilitas penjaminan jika mengajukan kredit usaha. Pihak kementrian menjalin kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai eksekutor di tingkat bawah selaku penyedia kredit bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

Pelaku usaha dapat memiliki kartu IUMK hanya dengan mengajukan ke Kantor Kecamatan, dan tidak lagi harus sampai ke tingkat kabupaten. Setelah didata oleh petugas di kecamtan, terbit surat ijin usaha dan kartu IUMK bisa diambil di kantor BRI terdekat dengan membawa surat dari kecamatan.

“Prinsipnya kementrian memberikan kewenagan penuh kepada kecamatan dan mengurangi kewenangan dari PTSP, program ini diharapkan sesuai target untuk memudahkan UMKM berkembang,” tegas Menkop UKM.

Keempatkeuntungan memiliki kartu IUMK ini adalah, kepastian untuk berusaha, akses mendapatkan pelayanan pembiayaan atau permodalan. Selain itu, juga berhak mendapatkan pendampingan pengelolaan usaha dan pemberdayaan peningkatan kompetansi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge