0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Orang Utan Sitaan BKSDA Jateng Bakal Lengkapi Koleksi Satwa WGM

Pengunjung melintas di dekat Taman Satwa WGM Wonogiri (dok.timlo.net)

Wonogiri — Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (OWSA-WGM) Wonogiri bakal menerima seekor orang utan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah.  Orang utan berjenis kelamin jantan dewasa itu  merupakan titipan dari BKSDA Jateng.

Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Wilayah Surakarta Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jateng, Johan Setiawan mengatakan, satwa yang dilindungi tersebut merupakan hasil penyerahan masyarakat dari Kabupaten Kudus kepada BKSDA Jateng.

“Kami mengevakuasi di daerah Kabupaten Kudus setelah dzhuhur (Rabu, 1/4).  Selanjutnya akan kami titip rawat sementara di CLK (Calon Lembaga Konservasi) WGM,” katanya.

Kepala UPT Pengelola Kawasan Wisata Waduk Gajahmungkur, Pardiyanto menambahkan, tim pertama sudah tiba di Kudus untuk mengambil orang utan, Rabu siang (1/4).

“Rencananya, tim beserta orang utannya akan tiba di Wonogiri, tengah malam nanti.  Mudah-mudahan lancar tanpa ada kendala,” katanya.

Orang utan tersebut akan ditempatkan pada sebuah kandang di sisi utara taman satwa OWSA-WGM.

“Kami sudah menyiapkan kandang dengan luas 5×7 meter dan tinggi lima meter.  Kandang itu dulu dipakai untuk satwa merak. Adapun meraknya dipindah ke kandang lain di sisi selatan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge