0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cari Hak Paten Sekarang Gratis

Kunjungan empat menteri ke Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo – Hak atas kekayaan intelektual (HAKI) atau sering disebut Hak Paten sekarang biusa diperoleh secara gratis. Bahkan bisa didaftarkan dalam waktu satu jam saja. Peluncuran program ini dilakukan  Kementerian Koperasi dan UKM dalam kesempatan kunjungan ke Sukoharjo, Rabu (1/4).

“Program ini diluncurkanpertama kali ya di Sukoharjo ini, karena ada keluhan, saat pelaku UKM pemeran di luar negeri, tiga bulan berikutnya sudah dijilpak dan sudah dipatenkan, tentu hal ini sangat merugikan para pelaku usaha,” kata Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi dan UKM, Braman Setyo, Rabu (1/4).

Dalam melaksanakan program ini, Kementerian Koperasi dan UKM berkejasama dengan Kemnterian Hukum dan HAM. Dengan diberikan akses langsung secara online ke Kemnterian Hukum dan HAM.

Program HAKI kali ini, lanjut Braman Setyo, berbeda dengan HAKI tahun-tahun sebelumnya yang sampai memakan waktu hingga sembilan bulan. Untuk program baru ini, dengan persyaratan lengkap bisa langsung jadi dalam satu jam dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

“Teknisnya, pelaku usaha melampirkan KTP, NPWP dan uraian detail produknya secara lengkap, setelah dilaporkan ke pemerintah kabupaten. Dari kabupaten mengeluarkan pengantar ke Kementrian Kopersi dan UKM dengan syarat hasil produksi sendiri dan belum pernah ada,” tandas Braman Setyo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge