0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah ISIS, Polisi Gencar Sosialisasi ke Sekolah

Sosialisasi bahaya ISIS di SMAN 1 Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  — Mengantisipasi berkembangnya jaringan radikalisme Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Kabupaten Karanganyar, Polres Karanganyar gencar  menggelar sosialisasi bahaya ISIS ke sekolah-sekolah. Salah satunya di SMA Negeri 1 Karanganyar, Rabu (1/4).

Kapolsek Karanganyar Kota AKP Joko Waluyono mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surindra mengatakan, ISIS merupakan kelompok teroris yang begitu meresahkan warga dunia dengan ajaran mereka. Kelompok teroris yang dipimpin oleh Abu Bakar al-Baghdadi ini terkenal sangat kejam, mereka tidak segan menyiksa dan membunuh orang-orang yang menentang mereka.

“ISIS mencoba memanfaatkan negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam terbesar di dunia, ISIS gencar menyebarkan ajaran sesat mereka ke masyarakat terutama kepada pemuda dan anak sekolah yang mudah sekali terpengaruh,” kata AKP Joko Waluyono.

Selain itu, kata Kapolsek, sekolah dijadikan sasaran sosialisasi karena usia remaja berpotensi menjadi sasaran empuk bagi penyebaran gerakan radikalisme ISIS, separatisme, komunisme dan lainnya.

“Anak-anak muda terdidik pun masih mudah terpengaruh, jadi kami perlu antisipasi dan waspadai,” kata Joko Waluyono kepada wartawan, usai menjadi memberikan sosialisasi kepada siswa SMAN 1 Karanganyar, Rabu (1/4).

Sementara itu, Ardyan, salah satu siswi SMAN 1 Karanganyar  mengatakan, kegiatan yang digelar di sekolahnya dinilai penting dan sangat bermanfaat. Tak hanya mendapatkan pengetahuan tentang bahaya ISIS dan gerakan radikal serupa, namun juga memberikan wawasan agar selalu peduli terhadap kondusivitas kotanya.

“Pasti sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih mengerti bahaya ISIS. Lebih sering saja ada acara seperti ini, jadi juga bisa mendekatkan fungsi polri ke masyarakat yang mengayomi dan melindungi,” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge