0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sumber Selamat vs Truk, Dua Penumpang Terlempar

Bus Sumber Selamat W 7040 UZ menabrak median jalan
Bus Sumber Selamat W 7040 UZ menabrak median jalan (Dok. TImlo.net - Ahmad Khalik)

Timlo.net – Kecelakaan yang melibatkan bus PO. Sumber Selamat dan truk terjadi di Jalan Raya Ngawi-Solo, Desa Kauman, Kecamatan Wododaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (31/3) malam. Sedikitnya dua penumpang bus tewas dan 12 lainnya terluka akibat kecelakaan itu.

Data Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi, mencatat, korban tewas adalah Etik Lestari (33) warga Klaten, Jawa Tengah, dan Riyadi Budiarjo (45), warga Sukoharjo, Jawa Tengah. Sedangkan 12 penumpang yang terluka menjalani perawatan di sejumlah pelayanan medis, seperti di RSUD dr Soeroto Ngawi dan Puskesmas Mantingan, Ngawi.

“Ada dua penumpang Bus Sumber Selamat yang meninggal di lokasi kejadian karena terlempar dari dalam bus. Sedangkan belasan penumpang lain terluka berat dan ringan,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi, AKP Anwar Sujito, Rabu (1/4).

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), diketahui kecelakaan berawal dari ulah sopir bus, Maryanto (41) warga Karangjati, Ngawi, yang mengemudikan bus dengan ugal-ugalan.

Saat itu, Bus Sumber Selamat bernomor polisi W-7084-UZ melaju kencang dari arah Ngawi menuju Solo, Jawa Tengah, dengan membawa 50 penumpang. Di lokasi kejadian di jalan yang menikung, bus berusaha mendahului bus di depannya.

Nahas, pada saat bersamaan muncul truk gandeng bernomor polisi AG-8369-UA yang dikemudikan Haryono (37) warga Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, dari arah berlawanan. Meski pengemudi truk sudah berusaha menghindar ke kiri, namun tabrakan tak bisa terelakkan.

Bus Sumber Selamat menabrak gandengan truk bagian belakang hingga muatan truk berupa beras tumpah ke jalan. Sedangkan, badan bus dari depan sampai belakang, terlebih bagian kanan, hancur dan ringsek.

Polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP dan mengevakuasi korban tewas serta luka. Akibat kecelakaan, jalur penghubung Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah mengalami kemacetan hingga Rabu dini hari.

Hal itu karena dua bangkai kendaraan yang terlibat kecelakaan, yakni bus dan truk, berada di tengah badan jalan. Lalu lintas kembali normal, setelah polisi mendatangkan truk derek untuk mengevakuasi bangkai kendaraan.

“Polisi masih menyelidiki kasus kecelakaan ini lebih lanjut. Kami sudah mengamankan sopir masing-masing kendaraan untuk dimintai keterangan,” kata AKP Anwar Sujito.

Salah satu penumpang selamat, Ela Kurniawati mengatakan, sejak awal bus sudah melaju sangat kencang. Terlebih setelah keluar dari Terminal Kertonegoro, Ngawi, laju bus sudah ugal-ugalan.

“Sejak keluar Terminal Ngawi sudah mulai ugal-ugalan sopirnya, tapi semua penumpang diam tidak berani mengingatkan. Sebelum kecelakaan, bus sudah berada di jalur kanan jalan karena hendak mendahului bus yang ada di depannya hingga akhirnya tabrakan,” kata dia.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge