0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahas Pasar Darurat, Walikota Temui Dirjen Kebudayaan

Walikota Solo, Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo – Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo akan bertemu dengan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbud Dikdasmen), Rabu (1/4) di Jakarta. Pertemuan tersebut menyangkut pertimbangan penggunaan alun-alun utara (Alut) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yang akan digunakan oleh Pemkot sebagai lokasi pasar darurat untuk menampung pedagang Pasar Klewer.

“Saya akan segera bertemu Dirjen untuk menyampaikan permasalahan mekanisme penempatan lahan ini,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, saat menemui ribuan pedagang Pasar Klewer, di Pendapi Gede Balaikota Solo, Selasa (31/3).

Pertemuan itu, kata Rudy, akan membahas langkah yang harus diambil Pemkot Solo untuk menggunakan lahan milik Keraton Surakarta
tersebut. Terlebih lahan itu (Alut) merupakan kawasan Benda Cagar Budaya (BCB).

“Pemkot sudah menyiapkan uang sewa. Kalau tidak harus membayar uang sewa, ya malah peneran (kebetulan) to. Kalaupun sewa, uang sewa ini mau masuk kemana saja tidak masalah asal mekanismenya jelas dan sesuai aturan,” ungkapnya.

Rudy juga mengingatkan kepada pedagang yang masih menempati kawasan Alut untuk segera membersihkan lapak dagangannya lantaran akan segera dilakukan sterilisasi oleh Pemkot. Sterilisasi itu rencananya akan dilakukan pada 4 April mendatang.

Walikota berjanji kepada pedagang bahwa dirinya akan berupaya maksimal untuk bisa memulai pengerjaan pembangunan pasar darurat pada 6 April 2015.

“Saya minta nanti pada tanggal 6 April kita bisa kerja bakti bersama membersihkan alun-alun, setelah itu akan ada upacara peletakan batu
pertama, semoga bisa segera dibangun, kami minta doanya penjenengan semua,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge