0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Desa Diharap Kelola Bantuan Keuangan dengan Baik

 Sekda Sragen Tatag Prabawanto dalam Sosialisasi Bantuan Keuangan (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Pemerintah desa (Pemdes) diharapkan bisa memberikan laporan keuangan secara benar kepada pemerintah kabupaten (Pemkab). Terutama dalam laporan terhadap bantuan keuangan yang diberikan pemkab ke desa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan, Pemdes bisa mengelola keuangan secara baik terhadap bantuan yang diberikan. Untuk itu perlu ada sinergi antara Pemdes dan lembaga tingkat desa agar bantuan bisa dimanfaatkan secara baik.

“Diharapkannya, perangkat desa bersinergi dan bekerja sama dengan lembaga di pemerintah desa sehingga bantuan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Tatag saat memberikan pengarahan kepada para camat, kepala desa dan ketua RT dalam acara Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Kabupaten Sragen tahun 2015 di Pendopo Somanegaran Rumah Dinas Bupati Sragen.

Tatag menjelaskan, mulai tahun 2015 ada perubahan criteria bagi desa penerima bantuan. Sebelumnya pada tahun 2014, criteria desa penerima bantuan adalah desa miskin tingkat tinggi, miskin tingkat sedang dan miskin tingkat rendah.

“Tahun ini berubah menjadi desa pemula, prakarsa dan berdikari” jelas Sekda.

Dia menambahkan, perubahan kriteria desa penerima bantuan tersebut tidak menjadi masalah, karena yang terpenting bantuan bisa memberikan manfaat dan tepat sasaran.

“Semangat atau greget harus dibangun untuk memersiapkan laporan keuangan desa sehingga menjadi sebuah komitmen agar proses pemerintah desa bisa berjalan baik dan lancar,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Penyelenggara Sosialisasi Muhari dalam laporan menjelaskan, maksud dan tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan informasi tentang keuangan kepada Pemdes tahun 2015, agar mengelola keuangan sehingga efektif, tepat guna, akuntabel, tepat sasaran dan berkesinambungan. Dikatakannya, tahun 2015 ini desa mendapat bantuan dari pemrintah pusat sebesar Rp 9,1 miliar, sedangkan tahun 2014 mendapat bantuan Rp 11,9 miliar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge