0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Seminar Anti Narkoba, UTP “Digerebek” BNK

Seminar Penanggulangan Narkoba di UTP Surakarta (dok.timlo.net/humas utp surakarta)

Solo – Suara tembakan dan teriakan dari bandar Narkoba menggelegar di Ruang Seminar Universitas Tunas Pembangunan (UT) Surakarta, dan mengejutkan seluruh peserta seminar. Sang penyuluh anti Narkoba ditawan oleh gembong Narkoba itu, bahkan seorang mahasiswa UTP dan seorang pelajar SMA pun menjadi sandera.

Sang bandar pun meneriakan orasinya agar kegiatan penyuluhan anti Narkoba ini dihentikan. Tak berapa lama, dengan cepat dan tepat, Tim dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo bersenjata lengkap  masuk ke dalam ruangan. Sempat terjadi adu mulut antar keduanya, tetapi tim BNK dengan sigap melumpuhkan bandar Narkoba tersebut dan berhasil mengamankan para sandera.

Itulah sepenggal cerita simulasi pemberantasanNarkoba dalam seminar penanggulangan Narkoba yang diselenggarakan Prodi PGSD dan Penjaskesrek UTP bekerjasama dengan BNK Sukoharjo, Sabtu (17/1), seperti dikatakan Kepala Lembaga Kerjasama dan Informasi UTP Joko Rianto SP MSi dalam rilis yang diterima Timlonet, Senin (19/1).

Menurut ketua Panitia Aan Budi Santoso SPd MPd, tema seminar kali ini adalah “Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Sejak Dini Melalui Pendidikan dan Olah Raga”. Tema ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan mahasiswa tentang dampak dari bahaya Narkoba dan bagaimana pencegahannya.

“Perserta seminar adalah siswa SMA/SMK/MA se-Soloraya dan mahasiswa UTP sebanyak 200 orang. Narasumber utama adalah Agus Widanarko SE ,  Ketua Tim Pencegah P4GN BNK Kabupaten Sukoharjo dan Kaprodi PGSD & PJKR UTP Surakarta,” jelasnya.

Rektor UTP  Prof Dr Ir Ongko Cahyono MSc dalam sambutan pembukaan seminar menyampaikan, permasalahan Narkoba di Indonesia telah menjalar di berbagai kalangan, oleh karena itu pengenalan dan pemahaman pencegahan dampak Narkoba wajib diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, utamanya siswa dan mahasiswa.

“Seminar ini akan memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa dan siswa sehingga mampu menjadi pelopor di tengah masyarakat dalam gerakan anti Narkoba,” ujarnya.

Pada saat yang bersamaan juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara UTP Surakarta dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang UTP kampus bebas Narkoba sekaligus pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Nota Kesepahaman ini ditandangani oleh Rektor UTP dan Ketua Tim P4GN BNK Sukoharjo. (*)

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge