0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

APBD 2015, Sekolah Rusak Tak Dapat Anggaran Perbaikan

Gedung Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Meski kondisi gedung sejumlah sekolah dasar kondisinya memprihatinkan,b ahakan 30 persen dari keseluruhan jumlah sekolah dasar  (SD) di Karanganyar mengalami kerusakan. Namun, perbaikan gedung-gedung yang mengalami kerusakan tersebut masih tergantung kucuran dana dari pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar Sutarno mengatakan, untuk tahun ini, pihaknya tidak mendapatkan kucuran dana dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015.

“Termasuk di SMPN 1 Jenawi sudah kita cek. Ada rencana untuk memindahkan ruang guru dan ruang kelas agar lebih aman,” ujar Sutarno, kepada wartawan, Selasa (6/1).

Sutarno mengemukakan, pihaknya akan melakukan pendataan kembali sejumlah sekolah yang butuh pemulihan. Perbaikan itu disebut-sebut akan mengandalkan anggaran pusat dan provinsi.

“Ada 10 persen gedung SMP dan sembilan persen gedung sekolah tingkat menengah dalam kondisi butuh pemilihan. Ada rusak ringan, ada yang sedang,” sebutnya.

Pihak Disdikpora bakal menunggu petunjuk teknis untuk penggunaan DAK . Praktis, sejauh ini belum ada prioritas sekolah mana yang bakal diperbaiki.

“APBD 2015 lebih banyak digunakan untuk bantuan operasional sekolah (BOS). Sedangkan DAK tahun lalu lebih condong ke perbaikan fisik,” urainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge