0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Gelar Festival Karawitan

Peserta festival karawitan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar Juliyatmono secara resmi membuka pergelaran Festival Seni Karawitan Karanganyar 2014 di Gedung Wanita Karanganyar, Selasa (28/10). Sebagaimana diketahui, festival tersebut merupakan bagian dari rangkaian panjang peringatan Hari Jadi ke-97 Kabupaten Karanganyar.

Sebanyak 17 grup karawitan mewakili 17 kecamatan Karanganyar ikut ambil bagian dalam festival tersebut. Di antara sekian banyak seniman karawitan di Bumi Intanpari, kelompok yang mewakili masing-masing kecamatan tersebut dianggap sebagai penampil terbaik dari daerah masing-masing.Di sisi lain, kegiatan tersebut sekaligus untuk mengapresiasi seniman tradisional lokal.

“Kami ingin menata karawitan Karanganyar agar semakin berkembang dan membawa kesejukan bagi warga kita. Tak hanya ingin sekedar juara saja, namun jauh lebih dari itu kita harapkan dapat merintis untuk tiap kecamatan punya kelompok karawitan, alat dan mampu untuk menghidupkannya,” ujar Juliyatmono.

Sebagai tim juri festival, dihadirkan sejumlah dewan pengamat dari pakar seni karawitan. Di antaranya, praktisi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Radio Republik Indonesia (RRI) Cabang Surakarta dan SMK Negeri 8 Surakarta.

“Kelompok karawitan yang menang akan ditampilkan dalam wayangan pada perayaan hari Ulang Tahun Karanganyar termasuk juga pada malam tirakatan nanti. Kita ingin lebih melibatkan seniman lokal,” tambah Juliyatmono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge