0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Forum Pembaharuan Desa Minta Dukungan Ganjar Revisi PP 43/2014

Rapat koordinasi FPD (Dok. Timlo.net/Putra)

Sukoharjo – Forum Pembaharuan Desa (FPD) berencana meminta dukungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merevisi PP 43 Tahun 2014 sebagai implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Paguyuban perangkat desa se-Jawa Tengah ini menilai banyak pasal di PP itu menyimpang dari UU desa.

Ketua FPD, Agus Tri Raharjo mengatakan, FPD se-Soloraya sudah melakukan rapat koordinasi menyikapi PP 43/2014. Hasilnya, mereka sepakat meminta perubahan terhadap beberapa pasal dinilai tak sesuai dengan kondisi di desa.

“Memang ada beberapa pasal dalam PP yang kami nilai masih belum berpihak kepada pemerintahan desa, bahkan cenderung menyimpang dari Undang-Undang Desa. Kami sepakat untuk meminta dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menyampaikan aspirasi kami kepada Presiden Joko Widodo,” ungkapnya, Kamis (23/10).

Dijelaskan Agus, di antara beberapa pasal itu adalah mengenai proses pemilihan kepala desa dibatasi dua calon dan maksimal lima calon tertuang dalam Pasal 20 ayat 2. Pasal itu dinilai membunuh demokrasi desa dan mengebiri hak masyarakat memenuhi syarat untuk dipilih menjadi kepala desa.

Dalam waktu dekat, FPD se-Soloraya menggandeng seluruh desa di Jawa Tengah untuk meminta dukungan Gubernur Jawa Tengah. Hal ini lantaran dalam beberapa kali pertemuan dengan kepala desa sebelumnya, Gubernur Ganjar menyatakan dukungannya terhadap perubahan PP dinilai masih belum berpihak kepada desa itu.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge