0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Dapat Izin, Arianti Dewi Dragbike Terancam Dibubarkan

(Ilustrasi) Dragbike. (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Kejuaraan adu cepat motor bertajuk Arianti Dewi Dragbike 201 M seri Solo, terancam dibubarkan oleh pihak berwenang di Kota Solo. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo tak memberikan izin penyelenggarakan Dragbike yang sebelumnya sudah digelar di dua kota yakni Klaten dan Boyolali ini.

Pihak Dishubkominfo Solo terang-terangan melarang digelarnya Kejuaraan Dragbike yang sedianya dilaksanakan, Sabtu (1/3) ini, sesuai mandat dari Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Kondusifitas Kota Bengawan menjadi alasan utama kejuaraan tersebut mendapat pelarangan.

“Memang, pengajuan izin sudah lama, namun tidak kami berikan demi menjaga kondusifitas menjelang pemilu legislatif yang mulai dekat ini. Pak Wali (Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo) juga sudah memberikan mandat untuk tidak memberikan izin penyelenggaraan kegiatan ini,” terang Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, Jumat (28/2).

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tak sedikit keluhan dari masyarakat di sekitar depan Stadion Manahan yang terganggu apabila Kejuaraan tersebut digelar. “Baik instansi masyarakat banyak yang komplain ke kami, dan bila tetap berlanjut bisa dilakukan penutupan event. Makanya sejak awal kami larang saja daripada ditutup paksa,” imbuh Yosca.

“Mengacu pada Perda nomor 1 tahun 2005 tentang lalu-lintas perhubungan yang mengatur penutupan dan izin keramaian jalan raya. Jelas ada sanksinya jika melanggar, bisa kurungan penjara dan juga denda,” pungkas Yosca.

Terpisaj, salah satu panitia kejuaraan Arianti Dragbike, bernama Jamal mengaku bahwa kejuaraan Dragbike akan tetap digelar sesuai rencana awal. Menurutnya, sebanyak 250 peserta akan mengikuti kejuaraan ini. Sementara terkait surat izin dari pihak terkait, dirinya enggan berkomentar.

“Siapa yang bilang kejuaraan ini belum mendapat izin? Saya malah baru dengar masalah ini,” katanya singkat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge