0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maret, Museum Radya Pustaka Kembali Dibuka untuk Umum

Sejumlah pekerja tengah memindahkan arca di Museum Radya Pustaka untuk ditata (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Setelah menjalani proses revitalisasi, Museum Radya Pustaka ditargetkan sudah dibuka kembali untuk umum Maret 2014 nanti. Saat ini, pihak pengelola Museum masih melakukan penataan dan perawatan benda koleksi museum.

Ketua Komite Museum Radya Pustaka Purnomo Subagyo mengatakan, proses pembersihan dan penataan terus dilakukan sejak awal Januari lalu. “Ini sedikit demi sedikit kita tata. Maret nanti kita jadwalkan sudah dibuka,” katanya kepada Timlo.net, Senin (10/2).

Dalam melakukan pembersihan dan penataan, pihaknya menggandeng Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Hal ini lantaran tidak hanya sekedar membersihkan dan menata benda koleksi, tetapi juga mengecek kondisi benda koleksi museum. “Yang dulu lama tersimpan dan tidak pernah dilap (dibersihkan), ya ini kita bersihkan dan kita lap,” ujarnya.

Disinggung banyaknya etalase baru yang tidak bisa digunakan, Purnomo mengaku hal itu tidak berpengaruh dengan jadwal rencana pembukaan kembali museum. Sambil dibuka, proses perbaikan etalase lama akan dilakukan dengan menggunakan anggaran hibah dari Pemkot.

“Ini sambil menunggu hibah dari Pemkot Rp 400 juta untuk memperbaiki etalase lama yang lapuk dan yang sudah tidak bagus lagi. Ya, sambil jalan lah,” urainya.

Anggaran hibah tersebut, tambahnya, merupakan anggaran hibah rutin dari Pemkot. Selain untuk perbaikan etalase lama, anggaran itu juga untuk operasional dan honor komite.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge