0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Hajatan Ageng Jagalan, 5 Ribu Warga Ikut Kirab

- Timlo.net
dok.timlo.net/achmad khalik

dok.timlo.net/achmad khalik

Hajatan Ageng Jagalan

Solo – Kelurahan Jagalan, Jebres, Solo bakal menggelar kegiatan kirab Hajatan Ageng Jagalan (HAJ) 2013, Minggu (6/10) mendatang. Acara yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat di kelurahan tersebut rencananya akan mengusung berbagai potensi yang dihasilkan di kawasan kelurahan tersebut.

Ketua Panitia HAJ 2013, Purjioko mengatakan even yang menginjak kali kedua tersebut sebagai upaya mengenalkan berbagai potensi yang ada di Kelurahan Jagalan kepada masyarakat, khususnya di Kota Solo. Selain itu, acara tersebut juga digunakan sebagai wadah bagi para pegiat seni di Kelurahan Jagalan untuk mengeluarkan karya seni mereka.

“Kelurahan Jagalan selain dikenal sebagai sentra produksi makanan juga dikenal luas sebagai wadah para seniman di Kota Solo. Melalui even ini kita ingin menyatukan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun Jagalan agar dikenal luas oleh masyarakat,” terang Purjioko dalam jumpa pers yang diadakan di Kelurahan Jagalan, Minggu (15/9) sore.

Dijelaskan, dalam kirab tersebut nantinya akan menampilkan sejumlah kesenian dari seluruh Kelurahan Jagalan. Tak hanya itu, produk-produk makanan yang dihasilkan di kelurahan tersebut juga akan dikirab dalam kegiatan tersebut.

“Rencananya, kami akan menampilkan sejumlah produk makanan sekaligus kesenian yang ada di Kelurahan Jagalan. Untuk produk makanan seperti abon sapi, rambak kulit, snack dan masih banyak yang lain. Sedangkan untuk keseniannya nantinya akan ditampilkan kesenian khas Jagalan seperti Barong Kemamang dan Lembu Suro,” terangnya.

Selain kirab, lanjut Purjioko, pihaknya juga menggelar kegiatan lain untuk menyemarakkan rangkaian HAJ 2013. Di antaranya, Bersih Desa, Sarasehan, Bazar, Pentas Seni Budaya, Pegelaran Wayang Kulit dan masih banyak yang lain.

“HAJ ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seputar kegiatan yang dihasilkan di Kelurahan Jagalan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Lurah Jagalan, Heru Hendratno mengatakan, pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan yang diadakan tersebut. Dirinya menyebut, sebanyak 5000 peserta akan mengikuti kegiatan kirab yang akan diadakan tersebut.

“Kami akan melibatkan seluruh komponen masyarakat, mulai dari tingkat RW, seniman, institusi pendidikan, pelaku usaha dan masih banyak yang lain,” terangnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS