0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Pecahkan Rekor MURI, 6 Ribu Orang Bentangkan Kain Batik Terpanjang

- Timlo.net
dok.timlo.net/achmad khalik

dok.timlo.net/achmad khalik

Kaian batik sangat pangan dibentangkan di arena CFD Jl Slamet Riyadi, Solo

Solo – Sebuah kain batik panjang membentang di bawah jembatan Sriwedari dalam gelaran car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (15/9). Belasan siswa SMA Batik 1 Solo turut terlibat membentangkan kain batik yang memiliki panjang 36 meter dan lebar satu meter tersebut. Aksi siswa SMA Batik 1 ini pun menyita perhatian pengunjung CFD. Hal itu dilakukan untuk menyambut Hari Batik yang akan digelar 2 Oktober mendatang.

“Ini ada apa ya kok pakai membentangkan kain batik di CFD?,” celetuk seorang pengunjung CFD, Wahyu Sulistyowati (26) ketika melihat iring-iringan siswa SMA Batik 1 berjalan sembari membentangkan kain batik.

Wahyu baru menyadari aksi bentang batik tersebut dalam rangka pra-even pemecahan Rekor MURI Bentang Rangkaian Kain Jarik Batik ketika melihat sebuah poster besar tergantung di jembatan Sriwedari yang berisi ajakan kepada pengunjung CFD mengenakan baju batik pada CFD tanggal 29 September. Selain mengenakan baju batik massal, pada tanggal itu juga akan digelar pemecahan rekor MURI bentang rangkaian kain jarik batik terpanjang di Indonesia.

Ketua Pelaksana Pencapaian Rekor MURI Bentang Rangkaian Kain Jarik Batik, Muhammad Setyo Nugroho, mengemukakan, upaya pencapaian rekor MURI tersebut digelar dalam rangka hari jadi ke-56 SMA Batik 1 Solo. Rencananya, sebuah rangkaian kain jarik batik akan membentang mulai dari Purwosari hingga bundaran Gladag pada 29 September.

Setyo mengatakan, rangkaian kain jarik batik terdiri dari 2.000 helai kain jarik batik yang dirangkai, dan dibutuhkan 6.000 peserta untuk membentangkannya. Adapun peserta yang dilibatkan untuk membentangkan rangkaian kain jarik batik sepanjang empat kilometer itu terdiri dari guru, karyawan, siswa, dan keluarga siswa SMA Batik 1, beserta guru dan siswa dari Yayasan Pendidikan Batik.

“Rangkaian kain jarik batik untuk pemecahan rekor MURI nanti terdiri dari bermacam-macam corak (batik), kurang lebih 2.000 kain jarik. Kita butuh 6.000 orang untuk membentangkan dari Purwosari sampai Gladag. Untuk pra-even kali ini kita pakai yang panjangnya 36 meter, terdiri dari 13 kain jarik batik dengan bermacam-macam motif,” ujar Setyo.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS