0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Prof Furqon: Dari 415 LPTK, Hanya 38 yang Negari

- Timlo.net
dok.timlo.net/tyo eka

dok.timlo.net/tyo eka

Guru Besar Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Furqon Hidayatullah

Solo – Ketua Forum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Indonesia, Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd menyatakan, saat ini sudah tercatat ada sebanyak 415 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia.

“Jumlah tersebut sudah terlalu besar. Kalau sekitar dua tahun lalu, baru 241 LPTK, sekarang ini sudah 415 LPTK,” ujar Furqon kepada wartawan di Kampus FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Senin (12/8).

Jumlah sebesar 415 LPTK tersebut, menurut Furqon, sudah termasuk yang dalam kondisi sakit, agak sehat dan sehat. Di antara 415 LPTK, tercatat ada 38 negeri dan sisanya swasta.

Lebih lanjut Furqon yang juga Dekan FKIP UNS menyatakan, tahun 2014 pemerintah akan merumuskan lebih detail apa yang termasuk LPTK. Apakah satu program studi kependidikan di satu perguruan tinggi sudah bisa disebut LPTK ? Ternyata belum.

“LPTK harapan ke depan akan dirumuskan dalam semiloka yang merujuk pada pasal 14 UU Guru dan Dosen tahun 2005,” jelasnya.

Dekan FKIP UNS menyebutkan, dalam pasal tersebut dikatakan bahwa LPTK adalah perguruan tinggi yang diberi tugas oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program pengadaan guru pada pendidikan dini, dasar dan menengah serta menyelenggarakan ilmu pendidikan dan non kependidikan.

“Oleh karena itu, salah satunya LPTK mesti mempunyai lembaga pengembangan ilmu pendidikan. Biasanya berwujud fakultas ilmu pendidikan atau jurusan ilmu pendidikan,” jelasnya.



Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS