0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Dinas Pendidikan Jamin Pelaksanaan DAK Transparan

- Timlo.net
dok.timlo.net/agung

dok.timlo.net/agung

Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen.

Sragen — Sebanyak 213 SD dan 25 SMP negeri dan swasta mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 yang diterimakan tahun 2013. Sekolah-sekolah itu menerima DAK berdasarkan survei tahun 2011-2012.

Mereka mendapat alokasi berdasarkan keputusan Bupati Sragen nomor 420/198/002/2013. Dana DAK itu kemungkinan cair pada APBD Perubahan 2013 mendatang.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sragen, Suwardi, mengatakan seharusnya 213 SD dan 25 SMP tersebut sudah menerima DAK dari APBN 2012, tetapi karena petunjuk teknis terlambat maka alokasi dana tersebut masuk dalam APBN Perubahan 2013.

“Sebetulnya dana tersebut masuk alokasi DAK 2012 tetapi dikerjakan 2013,” kata Suwardi mewakili PLt Kepala Dinas Pendidikan Sragen, Joko Saryono, akhir pekan ini.

Suwardi mengingatkan bagi sekolah penerima DAK agar memanfaatkan alokasi dana sesuai kebutuhan dan petunjuk pelaksanaan dan teknis. Hal itu disampaikan untuk menghindari adanya kesalahan atau penyimpangan dalam pembangunan di lapangan. Dia juga meminta Panitia Pembangunan Sekolah (PPS) dan panitia pengawas dalam hal ini komite sekolah transparan.

Suwardi menambahkan, terkait pelaksanaan DAK tersebut, akan ada pengawasan dari tim pengendali yang dibentuk oleh Bupati. Setelah APBD Perubahan disahkan, pihaknya sesegera mungkin akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. DAK kali ini dilaksanakan dengan sistem swakelola sehingga dana DAK langsung masuk rekening sekolah.

“Semuanya harus dilakukan sesuai petunjuk dan transparan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS