0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

H-5 Lebaran, Puncak Arus Mudik 2013

dok.merdeka.com

dok.merdeka.com

Pemudik menggunakan sepeda motor

Timlo.net – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2013 akan terjadi pada H-5 Lebaran. Kemenhub juga memperkirakan kepadatan arus mudik jalur darat terjadi di daerah Cikampek hingga Indramayu.

“Diperkirakan puncak itu Jumat tanggal 2 setelah salat Jumat, artinya juga tanggal 3 dan 4 hari Sabtu-Minggu. Kita antisipasi motor dan mobil pribadi, ada kawasan padat di Cikampek sampai Indramayu,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Suroyo Alimoeso di Diskusi Polemik Sindo Trijaya Network ‘Peliknya Manajemen Mudik’, Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (20/7).

Suroyo mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik agar tetap tertib dengan peraturan lalu lintas yang ada. Karena hal tersebut bisa mengurangi sedikit angka kemacetan. Menurutnya selama ini semua kendaraan saling berebutan untuk jalan, akibatnya kemacetan tak terelakkan.

“Dua tahun ini ada kenaikan sepeda motor yang luar biasa. Ada 3000 sepeda motor yang terus naik jumlahnya. Tahun lalu macet di daerah Ciasem, mobil dan motor berebut jalan yang lebih cepet,” ujarnya.

Suroyo juga membenarkan jika jalur Pantura selalu menjadi permasalahan kemacetan saat arus mudik. Namun demikian dia berharap agar pihak kepolisian lalu lintas juga akan menambah pengamanan di jalur-jalur rawan kemacetan.

“Yang di Pantura kita akan koordinasikan lagi dengan forum lalu lintas yang ada. Untuk di Pantura ini diharapkan jangan selalu masalah klasik, penguatan personel kepolisian lalu lintas. Karena kendaraan juga sering mogok di sana, itu bikin tambah macet,” papar Suroyo.

Terkait masalah ini, Kemenhub nantinya akan membuka posko mudik nasional pada H-7 lebaran di titik-titik kepadatan arus mudik di Pulau Jawa. Posko tersebut menyediakan layanan informasi jalur-jalur alternatif bagi para pemudik yang khususnya menggunakan kendaraan pribadi. [hhw]

Sumber: merdeka.com

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS