0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Barang Antik Batuwarno Ditengarai dari Jaman Neolithikum

- Timlo.net
dok.timlo.net/aris arianto

dok.timlo.net/aris arianto

Sejumlah barang antik dan pusaka purbakala ditemukan di Batuwarno, Wonogiri

Wonogiri –  Sejumlah barang antik yang ditemukan warga Dusun Badran RT 2/ RW 4 Batuwarno, Wonogiri bernama Maryono (48), ditengarai berasal dari jaman prasejarah. Lebih spesifik dari jaman neolithikum atau batu muda sekitar 2000 hingga 1000 sebelum masehi (SM).

Hal ini diperkuat pernyataan bahwa wilayah Wonogiri merupakan semacam daerah penghubung antara Pacitan dengan Gunung Kidul (Daerah Istimewa Jogjakarta). Dimana kedua daerah itu banyak ditemukan fosil dan artefak.

“Saya sudah mengecek ke rumah Pak Maryono. Menurut informasi sementara dari rekan di BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya), barang yang ditemukan itu kemungkinan berasal dari jaman neolithikum,” jelas staf Kesejarahan dan Nilai Tradisi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Wonogiri, Gunar S, Minggu (14/7).

Dirinya menjelaskan, barang berujud mata kapak disebut beliung persegi. Terbuat dari batu kalsedon. Sedang logam semacam mata tombak diberi nama Candrasa. Keduanya sering dipakai untuk peralatan ritual atau benda pelengkap kubur.

“Yang seperti gelang belum bisa diketahui. Yang jelas akan kami teruskan ke BPCB dan sementara barang tersebut disimpan di rumah pak Maryono. Jika sudah jelas nanti kami ambil dengan memberikan penghargaan ke Pak Maryono,” jelasnya.

Sementara arkeolog dari UGM Yogyakarta, JSE Yuwono mengatakan, wilayah Wonogiri merupakan penghubung manusia prasejarah antara Pacitan dengan Jogjakarta. Sehingga tidak tertutup kemungkinan banyak peninggalan di Wonogiri.

“Daerah Kecamatan Baturetno merupakan telaga purba, posisinya merupakan cekungan besar. Ada kemungkinan secara naluriah banyak binatang yang berkumpul disitu, kemudian manusia purbanya berada di goa atau lokasi lain di sekitar itu,” jelas Yuwono.

Keduanya sepakat, penemuan sejumlah benda antik di Wonogiri adalah penemuan yang sangat penting.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS