0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Integrasi Mapel, Jam Pelajaran Mulai Ditata

Budi Setiono, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo (Dok.Timlo.net)

Solo — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo mulai melakukan penataan jam mata pelajaran (Mapel) baik jenjang SMA/K maupun SMP. Penataan dilakukan terkait adanya integrasi mapel dalam penerapan Kurikulum 2013.

“Pada Kurikulum 2013, ada Mapel yang musti dilebur. Sehingga ada jam pelajaran yang bertambah, tetapi ada pula jam pelajaran yang hilang. Akibat selanjutnya waktu tatap muka guru ada yang meningkat, begitu pula sebaliknya,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Budi Setiono kepada wartawan, di Solo, Jumat (12/7).

Seperti halnya mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) dari dua jam naik menjadi tiga jam. Juga jam pelajaran mapel Bahasa Inggris jenjang SMA/SMK yang semula empat jam tatap muka per minggu menjadi hanya dua jam tatap muka, dan sebagainya.

Budi mengatakan bahwa untuk bias memenuhi 24 jam tatap muka per minggu, maka perlu ada penataan guru dalam mengajar atau waktu tatap muka . Saat ini Dinas Dikpora Solo tengah berupaya keras melakukan penataan guru terkait dengan jam tatap muka tersebut.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge