0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

60 Persen LPTK di Indonesia di Bawah Standar

- Timlo.net
dok.timlo.net/tio eka

dok.timlo.net/tio eka

Kampus UNS di Kentingan, Jebres,Solo

Solo –  Dari sejumlah 415 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di Indonesia. ternyata sekitar 60 persen di antaranya masih di bawah standar atau mutunya belum baik.

“Ada sebanyak 60 persen LPTK yang mutunya memang masih belum baik,” jelas Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Joko Santoso kepada wartawan, usai tampil sebagai keynote speech pada “Seminar Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya”, di Gedung FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (6/7).

Joko mengemukakan, belum baiknya mutu ke 60 persen LPTK yang ada, disebabkan hal yang bermacam-macam. Di antaranya belum memenuhi standar pendidikan seperti yang diinginkan oleh UU Pendidikan Tinggi, UU Sistem Pendidikan Nasional dan sebagainya.

Berdasarkan data LPTK per April 2013, menurut Dirjen Dikti, jumlah total LPTK yang ada tercatat sebanyak 415 LPTK. Terdiri dari 376 LPTK swasta, 26 FKIP negeri, satu FKIP Universitas Terbuka, dan 12 eks IKIP negeri.

Untuk meningkatkan kualitas LPTK, menurut Joko Santoso, diperlukan kajian serius dan mendalam tentang reposisi, penataan dan penguatan kelembagaan LPTK. Disamping pula diperlukan landasan hukum untuk memperkuat jati diri LPTK. (*)

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS