0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Anang Hermansyah Nyaleg dari Dapil Jember

dok.merdeka.com

dok.merdeka.com

Pasangan Anang Hermansyah-Ashanty

Timlo.net – Sebanyak 12 partai politik menyerahkan berkas daftar caleg sementara (DCS)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur hari ini. Dari DCS tersebut ternyata terselip nama-nama artis Ibu Kota yang ikut bersaing di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur.

Beberapa artis papan atas yang akan turun di Jawa Timur di antaranya, penyanyi Anang Hermansyah, pelawak Eko Patrio, artis sinetron Hengky Kurniawan, dan nama mantan model Arzetti Bilbina.

Menjelang batas akhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg), yaitu pada hari ini (22/4) pukul 16.00 WIB, tersisa tujuh Parpol yang belum mendaftar, di antaranya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, PDIP, PKB, PAN, PKPI dan PBB. Dan yang paling buncit menyerahkan berkas DCS-nya, adalah PKB, PAN, PBB dan PKPI. Dengan begitu, hingga pendaftaran ditutup KPU Jawa Timur, pada sore tadi, 12 Parpol resmi telah menyerahkan 100 berkas DCS-nya masing-masing.

Dari 100 nama Bacaleg, termasuk 30 persen dari calon perempuan, yang diajukan masing-masing partai, terselip nama-nama artis papan atas, yang akan mengisi salah satu dari 11 Dapil di Jawa Timur.

Dari PAN misalnya, sejumlah artis yang akan dijadikan sebagai vote getter PAN untuk DPR RI adalah pelawak Eko Patrio, yang maju di Dapil VIII, yaitu daerah Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun. Selanjutnya, artis sinetron Hengky Kurniawan maju di Dapil VI yaitu Blitar, Tulungagung dan Kediri, serta penyanyi Anang Hermansyah di Dapil IV, yang meliputi Jember dan Lumajang.

“Selain caleg dari kader PAN yang akan didaftarkan ke KPU, dari 100 nama yang didaftarkan, ada beberapa tokoh masyarakat, artis Ibu Kota, pengusaha, dan lawyer, yang akan bersaing di beberapa Dapil di Jawa Timur. Untuk kuota caleg perempuan sendiri, PAN mengajukan 39 persen, jumlah yang lebih banyak dari yang ditarget KPU, yaitu 30 persen. Sedangkan komposisi kader dan non kader, sekitar 60 banding 40,” ungkap Sekretaris DPW PAN Jawa Timur, Kuswijanto usai menyerahkan berkas DCS-nya di KPU Jawa Timur, Senin (22/4).

Seperti tak mau kalah dengan PAN, PKB yang datang beberapa menit setelah kedatangan Kuswijanto dan rombongan, juga mengajukan nama artis Ibu Kota yang akan maju melalui Dapil di Jawa Timur. “Untuk artis, PKB ada nama itu siapa? Dia itu artis, oh iya Arzetti. Arzetti siapa itu, yang mantan model?,” kata Ketua DPW PKB Abdul Halim Iskandar.

Selain dia (Arzetti Bilbina), lanjut kakak kandung Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar itu, ada artis Jawa Timur yang juga akan meramaikan Pileg 2014 mendatang. “Untuk vote getter, PKB juga akan memasang nama Puri Rahayu. Dia ini Ketua PAMMI (Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia) Jatim. Dia akan maju dari Dapil 1, yaitu Surabaya dan Sidoarjo.”

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, pihaknya menarget perolehan suara 31 kursi pada Pileg 2014. Target ini sama dengan yang dipasang pada Pemilu 2009 silam dan PKB hanya memperoleh 13 kursi saja di DPRD Jawa Timur. “Kaderisasi di PKB berjalan cukup baik. Dari 100 nama yang didaftarkan, ada 30 persen caleg perempuan. Untuk kategori usia, juga relatif masih muda-muda, yang usia tua malah hanya ada sekitar tiga orang saja,” tandas dia.

Sementara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dari 34 bakal calon yang mendaftar ke KPU Jawa Timur, juga terselip nama artis senior yang juga ibu kandung artis Denada Tambunan, yaitu Emilia Contesa. Artis asal Banyuwangi ini, ikut merebutkan empat kursi DPD RI yang ada di Jawa Timur. “Dia mendaftar sudah kemarin (21/4),” ucap salah satu panitia pendaftaran DPD RI pendek. [hhw]

Sumber: merdeka.com

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS