0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Peresmian Pasar Cawas

Kirab Gunungan Iringi Boyongan Pedagang Pasar Cawas

- Timlo.net
dok.timlo.net/indratno eprilianto

dok.timlo.net/indratno eprilianto

Boyongan pedagang Pasar Cawas ke pasar yang baru, Jumat (15/2) pagi diiringi dengan kirab gunungan tumpeng

Klaten – Kirab tumpeng memeriahkan peresmian Pasar Cawas di Desa Masaran, Kecamatan Cawas, Klaten, Jumat (15/2). Peresmian dilakukan langsung oleh Bupati Klaten, Sunarno.

Dalam peresmian ini sekaligus memboyong seluruh pedagang lama. Mereka selanjutnya akan menempati kios dan los secara gratis.

“Peresmian dilakukan dengan arak-arakan 100-an tumpeng karya pedagang. Selain kirab tumpeng, juga disuguhkan penampilan reog,” ujar Kepala Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop dan UMKM) Klaten, Sugiharjo Sapto Aji di sela peresmian.

Sapto Aji mengatakan, Pasar Cawas merupakan salah satu pasar tradisional di Kabupaten Klaten. Dengan resminya Pasar Cawas ini diharapkan mampu mendongkrak roda perekonomian pedagang dan masyarakat sekitar.

“Kami harap seluruh pedagang bisa menempati baik kios dan los yang ada. Ada sekitar 700-an pedagang yang merupakan pedagang lama,” kata Sapto Aji.

Bupati Klaten Sunarno, mengatakan dengan dibangunnya Pasar Cawas diharapkan bisa diterima seluruh pedagang. Pihaknya juga meminta pedagang untuk selalu menjaga kebersihan.

“Pasar Cawas harus bersih, jangan dikotori. Pedagang harus rukun. Mari bersama-sama menghidupkan pasar tradisional ini sehingga roda perekonoian kembali hidup lebih baik,” ujar Sunarno.

Seperti diketahui, pembangun Pasar Cawas menelan biaya Rp 8,45 miliar dari APBD 2012. Pasar yang memiliki konsep bangunan kolonial Jawa tersebut mampu menampung 537 pedagang yang menempati los, 112 pedagang menempati kios dan 200 pedagang oprokan.

Selain pasar Cawas, Pemkab Klaten juga membangun seluruh pasar tradisional lainnya di wilayah ini. Ada sekitar empat pasar di antaranya Pasar Bayat, Pasar Wedi, Pasar Keden dan Pasar Gayamprit dengan total anggaran Rp20 miliar dari APBD.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS