0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Diterapkan Mulai Juli

Kurikulum 2013, Bahasa Jawa Tetap Diajarkan

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/ niza Novita

Dok.Timlo.net/ niza Novita

Budi Setiono, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo

Solo – Penerapan Kurikulum 2013 bakal disosialisasikan pada bulan Maret. Pasalnya kurikulum baru ini akan segera diterapkan memasuki Tahun Ajaran Baru 2013/2014 tepatnya pada Juli mendatang.

Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Budi Setiono, mengatakan, pemberlakuan kurikulum baru itu akan diterapkan pada kelas-kelas baru. Artinya untuk di jenjang SD akan diterapkan pada kelas 4, SMP di kelas VII dan untuk SMA/SMK akan diterapkan pada kelas X.

“Untuk siswa yang kelas selain itu akan tetap menggunakan kurikulum lama, karena kalau kita terapkan secara bersamaan dikelas lama akan sangat repot, kasihan yang sudah akan lulus,” ungkap Budi Setiono, kemarin.

Namun, informasi yang ia dapat dari hasil sosialisasi kurikulum 2013 yang diikuti dinas pendidikan (Disdik) se-Jawa Tengah, Raabu-Kmais (6-7/2)di Semarang, menyebutkan untuk Kurikulum Bahasa Jawa tetap diberlakukan. “Penerapannya seperti apa akan kita ketahui saat dilakukan sosialisasi pada bulan Maret mendatang,”jelasnya.

Sebelumnya, Mapel (mata pelajaran) Bahasa Jawa tersebut diajarkan di sekolah setelah Gubernur Jateng mengeluarkan Surat Keputusan (SK). Jika SK tersebut belum dicabut oleh gubernur Jateng, Bahasa Jawa nantinya diperkirakan tetap diajarkan meski diintegrasikan dalam Mulok (muatan lokal).

Selain Mapel Bahasa Jawa, Mapel lain yang dikabarkan akan dihilangkan yakni Mapel Teknologi Informasi (TI). “Untuk TI akan kita bahas ulang, secara teknisnya nanti akan diintegrasikan ke Mapel apa kita tunggu sosialisasi berikutnya. Nanti pihak provinsi akan mengundang disdik kota dan guru senior untuk melakukan sosialisasi lanjutan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS