0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! Alasan Orang Ngeri Melihat Darah

Kegiatan donor darah di Hotel Lor In, Colomadu, Karanganyar, Jumat (21/12) (dok.timlo.net/achmad khalik)

Timlo.net — Melihat darah bisa menjadi suatu hal yang sulit dilakukan bagi beberapa orang. Sementara bagi orang lain, melihat darah tidak hanya sulit, tapi tidak mungkin dilakukan karena rasa takut mereka. Nah, kenapa orang merasa mual atau jijik saat melihat darah?

Sekitar 30 persen anak-anak takut melihat darah. Ketakutan ini pada akhirnya berlanjut hingga usia dewasa, demikianlah hasil penelitian definitif untuk topik ini yang dilakukan oleh Isaac Marks dari Institute of Psychiatry di London. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa rata-rata 15 persen orang dewasa merasa takut menyumbangkan darah.

Merasa lemah saat melihat darah umumnya berasal dari reaksi berlebihan dari respon vasovagal.  Respon vasovagal terjadi karena melambatnya jantung dan pelebaran arteri sehingga tekanan darah melambat dan darah turun ke kaki. Akhirnya otak kekurangan darah yang kaya oksigen dan menyebabkan orang merasa pusing dan bahkan pingsan. Hal ini merupakan sebuah refleks rasa takut yang evolusioner yang menjadi mekanisme bertahan hidup manusia.

Mekanisme bertahan hidup ini baik bila, katakanlah Anda perlu berpura-pura mati di hadapan satu predator. Situasi inilah yang mungkin menjadi awal dari mekanisme ini. Dan jika Anda berdarah, detak jantung yang melambat mungkin menolong mencegah kehilangan terlalu banyak darah. Tapi dalam kebanyakan kasus, demikian tulis Popular Science, mekanisme ini justru menjadi sebuah gangguan.

Tapi semakin sering orang melihat darah atau memikirkan darah, semakin berkurang rasa jijik tersebut, demikian kata Alan Manevitz, seorang psikiater di Weill Cornell Medical Center di New York.  Mungkin inilah jawaban kenapa ahli bedah berpengalaman bisa tidak merasa jijik melihat darah. Jenis “terpaan sistematik” adalah sebuah perawatan umum yang digunakan untuk fobia jenis tertentu.  Dan dalam kasus ini, Marks menyimpulkan bahwa perawatan tersebut bisa menyelamatkan banyak nyawa.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge