0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Ketua PGSI Solo, Asmuni:

Tunjangan GTT Solo Harus Sama dengan UMK

- Timlo.net
dok.timlo.net/niza novita

dok.timlo.net/niza novita

Ketua Persatuan Guru Swasta Seluruh Indonesia (PGSI) Solo, Asmuni

Solo – Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Kota Solo menuntut tunjangan kesejahteraan guru tidak tetap (GTT) agar nilainya disamakan dengan upah minimum kota (UMK).

Menurut Ketua PGSI Solo Asmuni, sampai saat ini nominal tunjangan kesejahteraan GTT belum dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu sudah selayaknya GTT mendapatkan hak yang layak. ”Tugas mereka kan mencerdaskan anak bangsa, bahkan tugas mereka ada yang lebih berat,” tegasnya, Sabtu (5/1).

Tunjangan Kesra tersebut paling tidak bisa mendekati angka Rp 900 ribu per bulan. Di tahun 2012 tunjangan Kesra Kota Solo bagi GTT hanya sebesar Rp 100 ribu. Pada tahun 2013 tunjangan Kesra Kota disamakan dengan provinsi, yakni hanya sebesar Rp 175 ribu per bulan. Sedangkan tunjangan fungsional dari pusat Rp 300 ribu perbulan.

”Turunnya (tunjangan) terkadang juga gak tepat waktu, sering molornya. Katanya Disdikpora, di pusat yang mengalami keterlambatan. Alasan validitas data dan alasan yang lain menjadi persoalan tunjangan tersebut menjadi lambat diterima GTT,” ujarnya.

Proses pencairan tunjangan Kesra biasanya GTT membuat laporan pertanggung jawaban (LPJ) , kemudian menandatangani bukti penerima rangkap enam, baru beberapa bulan ke depan tunjangan tersebut cair.

Selain itu, Asmuni juga menilai kinerja antara Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset (DPPKA) dengan Disdikpora Kota Solo saling lempar tanggung jawab terkait persoalan molornya pencairan tunjangan tersebut. Karenanya, dirinya berharap di tahun 2013 ini pencairan bisa dilakukan tepat waktu.

Secara terpisah, Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disdikpora Kota Solo Sulardi membantah dengan tegas jika tunjangan yang diperuntukkan GTT selalu mengalami keterlambatan. ”Tidak ada kata terlambat, pencairan tersebut kami sesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Ketentuan pencairan itu antara November sampai Desember,” tandasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS