0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Akibat Kekurangan Murid

Lagi, 7 SD Negeri di Wonogiri Digabung

- Timlo.net
dok.timlo.net/aris arianto

dok.timlo.net/aris arianto

Kasi KPM (Kurikulum dan Pengembangan Mutu) Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Wonogiri, Muhammad Junaidi

Wonogiri  РLantaran memiliki jumlah murid di bawah standar, 7 SD Negeri di Wonogiri bakal diregrouping (digabung) pada Desember ini. Keseluruhan sekolah tersebar di 7 kecamatan.

SD yang akan segera digabung itu adalah, SDN 2 Parangharjo, Nguntoronadi ke SDN 1 Parangharjo, SDN 4 Dlepih, Tirtomoyo ke SDN 1 Dlepih, kemudian SDN 1 Jendi, Girimarto yang digabung ke SDN 2 Jendi, dan SDN 2 Miri ke SDN 1 Miri, Kecamatan Kismantoro.

Sementara SDN 2 Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro bakal digabung ke SDN 1 Sambiroto, SDN 3 Mlokomanis Kulon (Ngadirojo) digabung ke SDN 1 Mlokomanis Kulon. SDN 3 Boto (Jatiroto) digabung ke SDN 1 Boto.

Kasi KPM (Kurikulum dan Pengembangan Mutu) Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Wonogiri, Muhammad Junaidi mewakili Kabid Mulyati, Jumat (28/12) mengungkapkan, ketujuh sekolah akan diregroup pada Desember ini. Pihaknya memastikan mulai awal masuk sekolah, tanggal 2 Januari 2013, seluruh siswa, karyawan, dan guru telah berada di sekolah baru.

“Tapi walaupun sekolah diregroup, siswa masih dibebaskan memilih sekolah yang diinginkan. Bisa jadi misalnya SD Jendi 1 diregroup ke SD 2 Jendi, tapi muridnya ada yang ke SD Girimarto. Meski begitu, barang dan peralatan berikut perlengkapan sekolah lama dibawa semua ke sekolah baru,” ujar Junaidi di ruangannya.

Selanjutnya, guru kelas, kepala sekolah, dan karyawan sekolah lama bakal dipindahkan juga ke sekolah tujuan regroup. Cuma, lanjut dia, jika tidak ada lagi posisi dan tempat, mereka diarahkan ke sekolah lain yang masih membutuhkan. Dalam hal ini tetap akan mempertimbangkan jarak rumah mereka dengan sekolah.

“Soal gedung bekas SD lama nanti akan dipakai sesuai peraturan yang berlaku. Ada yang mungkin untuk sanggar Pramuka, atau kegiatan sosial lain, atau PAUD, PKBM. Tapi tetap harus melalui ijin. Mekanisme pengajuan ijin, diajukan ke Bupati melalui Disdik,” jelasnya.

Sebelumnya, pertengahan Juli 2012, 3 SD telah diregroup. Yakni, SDN 2 Pelem Wonogiri ke SDN 1 Pelem, SDN 3 Talunombo, Baturetno ke SDN 1 Talunombo, dan SDN 3 Balepanjang ke SDN 2 Balepanjang.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS