0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Selesaikan Masalah PDAM, Pemprov Usulkan MoU Baru

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Air dari Umbul Ingas Cokro, Tulung, Klaten selain untuk obyek wisata juga dimanfaatkan oleh PDAM Solo

Solo -– Permasalahan pemanfaatan air bersih sumber air Cokro, Tulung, Klaten antara Pemkab Klaten dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Solo belum kunjung usai. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan kedua wilayah membuat MoU baru agar permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan.

Pengusulan pembuatan MoU baru tersebut sebagai solusi agar permasalahan antara kedua wilayah itu tidak sampai berlarut-larut. Usulan itu merupakan upaya win-win solution bagi kedua daerah, baik Pemkot Solo maupun Pemkab Klaten.

“Yang terpenting, isi kesepakatan dalam MoU nanti jangan sampai merugikan salah satu pihak. Yang perlu dipahami, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat. Yang penting pasokannya jangan sampai terhenti,” kata Asisten Administrasi IV Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jateng Eddy Djoko Pramono, Rabu (19/12).

Sebenarnya pada Senin (17/12) kemarin Sekda Solo, Budhi Suharto dan Plt Sekda Klaten Sartiyasto telah bertemu membahas masalah tersebut. Hanya, dalam pertemuan yang dilakukan secara tertutup itu belum membuahkan hasil. Pertemuan itu baru sebatas peremuan awal untuk membuka pintu pertemuan berikutnya. Sehingga, jalan tengah yang bisa ditempuh dengan membuat MoU ulang atas MoU yang diklaim pihak Pemkab Klaten pernah dibuat beberapa tahun lalu.

Eddy menjelaskan, isi MoU yang dimaksud tidak boleh bertentangan dengan UU no. 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Isi MoU tersebut bisa menjadi jawaban atas konflik yang terjadi selama ini.



Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS