0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

2013, Klaten Stop Rekrutmen CPNS

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Ilustrasi: pegawai negeri sipil (PNS)

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyatakan tidak akan mengadakan rekrutmen CPNS dari jalur umum pada 2013 mendatang. Hal itu setelah anggaran untuk kegiatan rekruitmen CPNS yang diusulkan Pemkab dicoret Komisi I DPRD Klaten.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Klaten, Supriyanta, mengatakan anggaran yang diusulkan Pemkab dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2013 mencapai Rp 450 juta. Namun dalam pembahasan bersama komisi I DPRD Klaten, anggaran tersebut dicoret dan diganti dengan kegiatan lain.

“Dasar usulan dana rekruitmen CPNS itu sebagai antisipasi ada perubahan kebijakan dari pemerintah pusat tentang batasan rekruitmen. Namun ternyata dalam proses pembahasan, anggaran tersebut dicoret komisi I,” ujar Supriyanta kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Atas kebijakan itu, kata dia, Pemkab tidak bisa berbuat banyak. Namun yang perlu menjadi catatan, saat ini jumlah PNS di Klaten sudah terus berkurang.

“Memang ironis, karena di lapangan masih terdapat banyak kekurangan tenaga. Terutama di bidang pendidikan dan kesehatan. Banyak sekolah yang mengandalkan guru wiyata bhakti (WB) dan tenaga honorer dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM),” ujar Supriyanta.

Ketua Komisi I DPRD Klaten, Sriyanto, menjelaskan belanja pegawai di Pemkab Klaten saat ini masih cukup tinggi, yakni mencapai 72 persen dari total belanja daerah. Sehingga masih berlaku moratorium rekruitmen CPNS yang diberlakukan pemerintah pusat.

“Dalam pembahasan RAPBD 2013, Komisi I mencoret belanja untuk kegiatan rekruitmen CPNS. Anggaran yang sudah dimasukkan dalam rencana kegiatan kemudian dipindah untuk kegiatan lain. Misalnya, untuk peningkatan kapasitas PNS yang sudah ada sekarang,” ujarnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS