0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Potret Kinerja Kepala Sekolah Selama Tahun 2010

Monitoring dan Evaluasi Kepala Sekolah SD

- Timlo.net

Solo – Pada pekan-pekan ini, monitoring dan evaluasi (ME) kepala sekolah dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Pengevaluasi adalah tim dari masing-masing Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora).

ME ini merupakan evaluasi hasil kerja kepala sekolah selama tahun 2010. Setelahnya, akan diketahui rapor kepemimpinan kepala sekolah selama sretahun kemarin. Ada lima kompetensi yang termasuk dalam penilaian, di antaranya kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

Di kecamatan Banjarsari, ME mulai diadakan hari ini di tiga sekolah, yakni SDN Mangkubumen Lor, SDN Tugu, dan SDN Panularan dari total 24 sekolah yang akan kepala sekolahnya akan menjalani ME.

Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Banjarsari, Alex Parjiya, mengatakan bahwa proses berjalan dengan lancar karena sekolah telah mempersiapkan segala perangkat yang dibutuhkan. Perangkat tersebut yakni pengisian blangko yang telah dipersiapkan oleh UPTD dengan pedoman dari Dinas terkait, pengumpulan bukti-bukti fisik seperti nilai-nilai siswa, dan Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah (RAKS). “ME ini sebagai potret untuk melihat kekurangan serta kelebihan kepala sekolah dalam memimpin sekolah. Segala kekurangan dapat diperbaiki di tahun 2011 nanti,” ungkapnya, Senin (15/11).

Menurutnya, hal ini juga sebagai sarana untuk menyetarakan antara tunjangan yang diterima oleh kepala sekolah dan peran sertifikasi. Bahwa setiap guru yang telah bersertifikasi hendaknya dapat meningkatkan mutu pendidikan. Pihaknya menghimbau, dengan adanya ME ini kinerja kepala sekolah menjadi lebih baik.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS