0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Calhaj Tak Belanja di Embarkasi

Permintaan Produk Khas Haji Kian Sepi

- Timlo.net

Solo – Permintaan sejumlah produk khas haji dari tahun ke tahun semakin sepi. Adapun untuk tahun ini angka penjualan stand-stand produk haji di dalam kompleks embarkasi mengalami penurunan hingga 20%.

Hal tersebut diakui salah seorang pedagang produk khas haji yang membuka stand di kompleks embarkasi haji, Donohudan, Zaini Nurbaiki. Ia mengatakan permintaan sejumlah produk mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Penurunan pembelian lantaran saat ini rata-rata calon haji (Calhaj) bermaksud memfokuskan ke ibadah terlebih dahulu.

Sementara untuk produk khas haji yang biasanya sebagai oleh-oleh dibebankan kepada keluarga. “Tahun ini penjualan agak sepi. Ada alasan karena oleh-oleh sudah diurusi keluarga karena Calhaj ingin konsentrasi ke ibadah,” katanya kepada Timlo.net, beberapa waktu lalu. Kendati permintaan sejumlah produk khas haji menurun, namun Zaini mengaku persentase penurunan relatif kecil yakni sekira 20% sehingga tidak begitu berpengaruh.

Kondisi serupa juga diungkapkan pedagang lain yang juga membuka stand di embarkasi haji, Edi Pranoto. Dituturkan dia, kondisi penjualan setiap tahun semakin sepi. Menurutnya hal tersebut lantaran adanya saran dari panitia ibadah haji kepada Calhaj untuk berbelanja di daerah masing-masing. Mengenai faktor lain penyebab rendahnya permintaan, Edi menyampaikan, motif ibadah menjadi alasan utama.

“Rata-rata Calhaj ingin memfokuskan diri ke ibadah dulu. Sementara untuk pembelian produk khas haji dilakukan saat pulang dari Mekah.” ungkapnya. Lebih lanjut ia menuturkan, tahun ini angka penualan mengalami penurunan hingga 20%.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS