0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Kerugian Ratusan Juta Rupiah

2 Desa di Andong Diobrak-abrik Lesus

- Timlo.net
dok.timlo.net/nanin

dok.timlo.net/nanin

Lapangan futsal di Andong, Boyolali yang porak-poranda akibat diterjang angin lesus

Boyolali –  Bencana angin lesus kembali menerjang wilayah Boyolali. Kali ini lesus memporak-porandakan dua desa di Kecamatan Andong.

Puluhan rumah mengalami kerusakan dan pohon banyak yang tumbang akibat terjangan angin lesus yang terjadi Jumat (16/11) sore. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam musibah tersebut. Hanya saja kerugian akibat bencana itu mencapai ratusan juta rupiah.

Angin lesus menerjang dua desa, yakni Semawung dan Kadipaten Kecamatan Andong,  Boyolali. Salah satu warga, Joko, mengaku, awalnya mendung terlihat sangat tebal sekali dan tidak lama kemudian hujan turun disertai dengan angin kencang. Warga yang sebagian besar sudah berada di rumah tidak menyangka wilayahnya akan terkena angin lesus.

Kencangnya angin yang berhembus membuat sebagian warga memilih keluar rumah dan berlindung di lokasi yang aman. Warga semakin khawatir saat sebagian besar genting rumah warga beterbangan, begitu juga dengan banyaknya pohon dan dahan yang roboh diterjang angin.

Selain mengakibatkan pohon roboh, angin kencang ini juga mengakibatkan gedung futsal roboh rata dengan tanah. Sang pemilik, Sutarno, mengaku mengalami kerugian Rp 350 juta. Empat rumah juga mengalami kerusakan, rumah milik Rokhim, Kadiyem, Sukiyo dan Bunyamin. Kerusakan pada genteng yang rontok dan kerugian mencapai Rp 300 ribu per rumah.

Di Desa Semawung, bencana lesus mengakibatkan balai desa dan sebuah masjid rusak. Selain itu, sebanyak 14 rumah warga mengalami kerusakan, utamanya gentengnya rontok. Total kerugian mencapai Rp 5,9 juta. Menurut Camat Andong, Harsito, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Pemkab Boyolali

“Saya sudah laporkan ke pemkab, ini kita sedang menggerakkan warga untuk gotong royong memperbaiki rumah yang rusak,” tandasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS