0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

2013, Anggaran Jamkesda Jawa Tengah Naik

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto

Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto

Deklarasi Pemuda Siaga Sehat di Sukoharjo, Kamis (8/11).

Sukoharjo – Anggaran Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 meningkat. Peningkatan anggaran Jamkesda tersebut diharapkan dapat mempermudah warga miskin (Gakin) dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah, Sugihantoro mengatakan, anggaran untuk Dinas Kesehatan tahun 2013 mendatang naik menjadi Rp 6 miliar. Sementara untuk RSUD mencapai Rp 60 miliar.

“Anggaran untuk Jamkesda tahun depan meningkat. Kami harap tidak ada warga miskin yang tidak terlayani. Karena anggaran untuk tahun 2012 saja belum semuanya terserap. Masih ada sekitar 2,3 milliar dari total anggaran Rp 4,3 milliar,” ujarnya usai menghadiri Deklarasi Pemuda Siaga Sehat, di Pendopo GSP Kabupaten Sukoharjo, Kamis (8/11).

Selain peningkatan anggaran untuk Jamkesda, cakupan pelayanan kesehatan juga akan di tambah. Jika sebelumnya pelayanan kesehatan mencakup pelayanan Gakin, Pasung dan Gizi buruk, tahun depan akan mendapat tambahan cakupan kategori lain yang saat ini masih dalam kajian.

“Gakin di Jawa Tengah 5,6 juta. Sementara yang tercover program Jamkesmas 12,3 juta jiwa. Jumlah gakin tercover Jamkesmas tersebut akan naik pada 2013 yang mencapai angka 13 juta. Sehingga tidak dikhawatirkan jika ada Gakin tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. Terlebih sejumlah rumah sakit telah bekerja sama sebagai rumah sakit rujukan seperti Rumah Sakit Jepara, Banyumas dan rumah sakit lainnya,” imbuhnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS