0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Demokrasi di Sekolah

Pemilihan Ketua OSIS SMAN 7

- Timlo.net

Solo – Sebanyak 980-an siswa SMAN 7, hari ini (5/10) melakukan pemilihan ketua OSIS secara langsung. Mekanisme pemilihan dibentuk sama persis seperti pemilihan umum (Pemilu) presiden atau kepala daerah seperti yang telah berlangsung pada umumnya. Seperti adanya kartu pemilih, bilik, dan tinta untuk yang telah memilih.

“Ada 3 calon yang nantinya akan dipilih oleh kami. Sebelumnya, pada pagi tadi diadakan apel pagi untuk memberikan kesempatan para calon untuk berorasi menyampaikan program kerja dan visi misinya,” kata Pramita Aswari, ketua OSIS periode 2009-2010. Setelah itu digelar juga sesi tanya jawab. Penghitungan suara juga akan dilangsungkan di hari yang sama setelah seluruh siswa memberikan haknya. Ketiga calon tersebut berasal dari kelas XI, di antaranya Ahmad Fakihudin, Maulina Ngalimatul, dan Yohanes Satrio. 

Menurut Pramita, pemilihan secara langsung dilakukan agar terjadi kedekatan antara pengurus OSIS dengan anggotanya yang merupakan seluruh siswa SMAN 7 sendiri. “Dalam pemilihan ini seluruh siswa berhak memilih siapapun sehingga mereka juga dapat merasakan kepemimpinan ketua OSIS yang merupakan pilihan mereka,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 7 bagian kesiswaan, Siswanto, mengatakan bahwa pemilihan secara langsung telah berlangsung sejak tahun 2005 dan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya dengan berbagai macam penyempurnaan. “Kegiatan iini baik bagi siswa untuk mengajarkan berdemokrasi minimal di tingkat sekolah karena nantinya mereka pasti akan menghadapi pemilu yang lebih tinggi tingkatnya apalagi bagi siswa kelas X yang belum menginjak usia 17 tahu. Jadi, ini dapat sebagai pembelajaran mereka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihak sekolah juga memberikan bantuan dana dari APBS sebesar 4,2 juta rupiah untuk menunjang kegiatan OSIS, yang salah satunya adalah Latihan Kepemipminan Dasar (LDK) pada 6-8 Oktober 2010 mendatang.bagi 80 siswa yang terpilih menjadi calon pengurus OSIS.

Sebagai peraih suara terbanyak adalah Yohanes Satrio dengan 349 suara, kemudian disusul oleh Achmad Fakihudin dengan 269 suara dan maulina Ngalimatul dengan 138 suara. “Pemegang suara terbanyak masih merupakan calon Ketua OSIS karena masih harus melalui proses LDK dan pelantikan,” terang Pramita.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS