0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Ikan Patin Dapat Dibikin Bakso, Nugget, Kerupuk dan Mie

- Timlo.net
dok.timlo.net/aris arianto

dok.timlo.net/aris arianto

Display aneka olahan berbahan ikan Patin di gelaran Wonogiri Super Expo 2012

Wonogiri — Sadar akan potensi hasil perikanan yang melimpah, KIMBis (Klinik Iptek Mina Bisnis) Wonogiri mulai menggeluti bisnis pembuatan aneka olahan berbahan ikan Patin. Dari satu jenis ikan itu saja dapat dibikin bakso, nugget, kerupuk, maupun mie.

Bakso, nugget, dan mie dibuat dengan mengambil bagian daging Patin. Sedangkan kerupuk memanfaatkan kulit ikan Patin yang selama ini hanya dianggap sebagai limbah.

Soal rasa, tetap mempertahankan karakteristik Patin yang gurih, empuk, dan sedikit berserat. Sedangkan harga terbilang sangat terjangkau.

“Bakso, nugget, dan mie serta kerupuk mentah kita jual 5 ribu satu plastik ukuran sedang, memang sengaja kita terapkan satu harga, hitung-hitung buat perkenalan Mas,” terang Sulastri (50), warga Gumiwang Lor, Wuryantoro saat dijumpai di salah satu stand penjual aneka olahan Patin pada Wonogiri Super Expo 2012, di GOR Girimandala, Senin (29/10).

Bakso dan aneka olahan lain kecuali kerupuk dikatakannya tidak bisa bertahan lama. Dalam suhu ruangan paling hanya mampu bertahan kisaran 2 hari, pasalnya tanpa menggunakan bahan pengawet.

“Kalau khusus kerupuk bisa bertahan lama karena dalam keadaan kering, yang lainnya yang basah tidak bisa lama-lama ” lanjutnya.

Sementara itu Endang (48), karyawan sebuah bank umum nasional mengaku tertarik dengan sajian aneka bahan olahan ikan Patin. Lantaran itu dirinya membeli beberapa itemnya sekaligus.

” Tadi sempat mencicipi, ternyata enak juga kok Mas, jadi ingat keluarga di rumah lalu beli deh,” tutur Endang.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS