0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Seleksi Kepala Sekolah SD, SMP, dan SMK Negeri

100 Guru Ikuti Seleksi Kepala Sekolah

- Timlo.net

Solo – Seleksi kepala sekolah (kepsek) SD, SMP, dan SMK negeri, hari ini (27/9) dilaksanakan di SMKN 2. Sesuai data yang masuk dan diusulkan, jumlah peserta seleksi adalah 100. Untuk tingkat SD sebanyak 64 guru, SMP sebanyak 27 guru, sedangkan untuk SMK sebanyak 9 guru.

Kepala Bidang Pemetaan Mutu Pendidikan dan Supervisi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah, Tartib Supriyadi, mengatakan bahwa seleksi tersebut merupakan tahap yang kedua setelah tahap pertama dilakukan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo beberapa waktu lalu berupa pengumpulan portofolio. “Seleksi pada tahap ini tes potensi akademik, tes kepribadian, psikotes, dan karya tulis ilmiah,” lanjutnya.

Tartib menjelaskan bahwa dalam penilaian tersebut, tingkat kelayakan sangat diperhatikan. Nilai kelayakan ditandai dengan huruf. Untuk kriteria layak adalah A, B untuk layak, C untuk cukup layak, D untuk kurang layak, dan E untuk amat tidak layak.

“Untuk kader kepsek di tingkat SMP dan SMK harus memiliki standar yang lebih tinggi dari SD yaitu minimal B. Sedangkan untuk tingkat SD, guru dapat lolos seleksi dengan nilai minimal C,” jelasnya. Syarat lolos dibedakan karena beban tanggung jawab yang berbeda pula antara jenjang-jenjang tersebut. Sedangkan hasil tes ini memiliki validitas selama 1 tahun.

Ia menambahkan, seleksi akan dilaksanakan dalam 2 hari. “ Untuk hari yang kedua adalah tes wawancara. Sedangkan hasil tes direncanakan Walikota akan diumumkan melalui website,” lanjutnya. Pihaknya menjamin calon kepsek yang direkomendasikan oleh LPMP dapat lolos seleksi karena melihat selama ini tidak ada masalah dengan calon yang direkomendasikan.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS