0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Serap Air Hujan, DPU Solo Prioritaskan Drainase Primer dan Skunder

- Timlo.net

Solo – Antisipasi terhadap banjir yang disebabkan rendahnya daya serap air di dalam kota terus diupayakan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo kini tengah berkonsentrasi pada optimalisasi drainase primer dan skunder.

Kepala DPU Kota Solo, Agus Djoko Wittiarso menjelaskan, pihaknya kini telah memasang sedikitnya 3 pompa air untuk mengantisipasi adanya genangan air di dalam kota tahun ini. “Telah kami lakukan pemasangan satu pompa pada kawasan Joyotakan serta pemasangan dua pompa di kawasan Pucangsawit, Kecamatan Jebres,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (9/10).

Dirinya mengklaim, satu unit pompa air bisa menyerap 150 liter air tiap detiknya. Dengan beroperasinya pompa tersebut, pihaknya bisa mengurangi genangan air sampai dengan 60 persen.

Di satu sisi, untuk drainase lingkungan ia menyerahkannya pada masyarakat setempat. Ia menghimbau kepada masyarakat agar menjaga saluran air yang ada di daerahnya masing-masing agar jangan sampai tersumbat.

Pada bagian hilir, DPU Kota Solo bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Di pintu Demangan, terdapat satu pompa utama yang dibantu oleh 6 pompa lainnya yang menyerap air dari drainase primer dan skunder. Sementara terdapat dua pompa lagi yang dipasang di Pucangsawit, Jebres dan kawasan Joyotakan Timur.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS