0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Inilah 4 Krisis Pemicu Hilangnya Nasionalisme

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/ Aris Arianto

Dok.Timlo.net/ Aris Arianto

Pembekalan wawasan kebangsaan di Wisma Giri, Senin (24/9).

Wonogiri – Paling tidak 4 jenis krisis ditengarai menjadi pemicu hilangnya nasionalisme. Hal ini perlu diwaspadai dan mesti terus ditekankan untuk diperhatikan kalangan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Demikian diungkapkan Kepala Bakesbangpolinmas (Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat) Wonogiri, Gatot Gunawan dalam pembukaan pembekalan wawasan kebangsaan di Wisma Giri, Senin (24/9). Kegiatan diikuti pengurus LSM dan lembaga pemerintah lainnya.

“Lunturnya nasionalisme, berpotensi akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, ada 4 krisis yang sekarang ini menjadi pemicu hilangnya nasionalisme,” tutur Gatot.

Keempatnya menurut dia berupa krisis jati diri, krisis ideologi, krisis karakter dan krisis kepercayaan.

“Dalam 2 hari terakhir telah kita saksikan di media televisi, betapa sudah lemahnya kekuatan bangsa ini, sehingga muncul teroris-teroris yang berusaha meniadakan Pancasila. Ini diakibatkan kuatnya pengaruh krisis tadi dan mengakibatkan munculnya pola pikir terorisme,” ujarnya.

Pola pikir itu, lanjut Gatot, merupakan salah satu indikasi bahwa pemuda bangsa ini telah termakan oleh arus globalisasi dengan masuknya kapitalisme, liberalisme maupun individualisme.

“Kami berharap masyarakat tetap mempererat tali persaudaraan dan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan jatidiri masyarakat ketimuran yang cinta damai dan suka bermusyawarah,” pungkasnya.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS