0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rangka Motor Trail Bikinan Wonogiri Dipesan China

dok.timlo.net/aris arianto
Sejumlah rangka motor trail bikinan WBC yang siap diterbangkan ke Thailand (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Siapa sangka di wilayah pinggir perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri terdapat home industry pembuatan rangka motor trail. Siapa sangka pula hasilnya dipesan peminat dan sejumlah pabrikan di negeri manca seperti China dan Thailand.

WBC (Wuryantoro Bangkit Concept) adalah merk yang dipakai dua kreator rangka motor trail, Bambang Marhento (32) dan Wisnu (37). Dua warga Lingkungan Wuryantoro Kidul RT 3/RW 6 Kelurahan Wuryantoro, Wonogiri ini memiliki usaha pembuatan frame atau rangka trail. Tempat usahanya tepat di pinggir genangan WGM.

“Kami mengerjakan pesanan frame motor trail, khususnya spek kompetisi grasstrack, atau motor harian yang ingin terjun ke kompetisi grasstrack, jadi bukan spek adventure, trabas, atau trial, maupun supermoto ” jelas Bambang di bengkel kerjanya, Sabtu (22/9).

Lantaran spesialisasi inilah dirinya mendapat kepercayaan dari pabrikan berlambang sayap tunggal (Honda) untuk merakit motor yang akan turun ke kompetisi. Kepercayaan yang sama juga datang dari komunitas motor di Thailand dan China.

“Untuk konsumen dalam negeri paling banyak datang dari Bangka, Belitung, Papua, Kalimantan dan Sulawesi,” lanjut Bambang.

Meski pesanan terus berdatangan diakuinya tidak semua diterima. Pasalnya merampungkan satu pesanan saja butuh waktu satu pekan. Alhasil dalam satu bulan hanya 4 pesanan dikerjakan. Itupun mesti dibantu 4 orang karyawan.

“Membuat rangka kompetisi itu butuh ketelitian dan seni tinggi, tidak asal buat, harus pula merujuk pada Buku Biru (regulasi spesifikasi motor kompetisi yang dikeluarkan Ikatan Motor Indonesia –Red), ukuran dan materialnya apa saja dan berapa persen kandungan bahan aslinya sudah diatur, tidak asal-asalan,” imbuh Wisnu.

Meski hanya membatasi pesanan 4 unit perbulan, omzet usaha ini cukup besar. Yakni mencapai sekitar Rp 250 juta per bulan.



loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge