0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

- Timlo.net
Dok. Timlo.net/ Sahid

Dok. Timlo.net/ Sahid

(Ilustrasi) Kubis bermanfaat untuk mencegah maag

Timlo.net — Karbohidrat adalah nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh dalam dosis besar setiap hari supaya tubuh kita berfungsi secara normal. Saat Anda  makan karbohidrat, mereka diubah menjadi glikogen. Ada berbagai cara di mana tubuh kita menggunakan karbohidrat: nutrisi makro ini bisa digunakan segera sebagai bahan bakar energi, atau menyediakan cadangan energi dalam bentuk gula darah, dikumpulkan di dalam otot dan hati untuk digunakan nanti.

Karbohidrat kompleks diubah menjadi glukosa lebih lama daripada karbohidrat sederhana dan karenanya, menyediakan energi yang bisa dipakai secara bertingkat sepanjang hari. Sementara karbohidrat sederhana ditemukan dalam makanan-makanan yang diproses yang memiliki lebih sedikit kalori, dan cenderung diubah menjadi lemak. Karena itu, menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih baik untuk diet karena menyediakan lebih banyak energi, lebih kaya vitamin dan mineral serta membuat Anda kenyang lebih lama.

Dilansir dari livestrong.com, berikut daftar makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh merupakan makanan berserat tinggi, mengandung protein yang cukup, dan rendah lemak selain itu merupakan sumber yang baik untuk karbohidrat kompleks. Contoh-contoh spesifik meliputi millet, oat, gandum, barley, beras merah, soba, dedak.

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak air, serat, vitamin dan mereka tidak mengandung lemak sama sekali. Buah-buahan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks meliputi aprikot, jeruk, prem, pir, anggur dan prun.

Sayur-sayuran

Sayuran mengandung banyak air, kandungan lemak yang rendah, memiliki berbagai vitamin dan mineral dan berbagai variasi dari karbohidrat kompleks. Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke  dan asparagus adalah contoh sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks.

Polong-polongan

Banyak polong-polongan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya adalah miju, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai.

Beberapa produk makanan lain seperti acar ketimun, susu kedelai dan produk susu seperti yogurt adalah karbohidrat kompleks.

 

Berita Terkait

Komentar Anda

  1. dimas Reply

    kenapa tidak ada fungsi dan kegunaan sayur-sayuran

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS