0271-3022735 redaksi@timlo.net
Timlo.net

Puncak Syawalan, Bupati Klaten Nyanyi Bunga Dahlia

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Bupati Klaten Sunarno (tengah) saat bernyanyi di acara puncak perayaan Syawalan di Bukit Sidoguro kawasan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Bayat, Klaten, Minggu (26/8)

Klaten – Bupati Klaten Sunarno melantunkan lagu Bunga Dahlia dalam puncak perayaan tradisi Syawalan di Bukit Sidoguro kawasan Rawa Jombor Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Minggu (26/8).

Puncak perayaan Syawalan tahun ini memang terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Usai tradisi rebutan ketupat, Bupati Klaten Sunarno menyumbangkan suara emasnya dalam semarak dangdut.

Ia melantunkan lagu Bunga Dahlia bersama Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja, Dandim 0723/Klaten Letkol Puji Setiono, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto dan Wakil DPRD Klaten Darmadi. “Saya memang suka dengan lagu Bunga Dahlia,” ujar Bupati Sunarno.

Sementara itu, sejak Minggu pagi masyarakat mulai berbondong-bondong memasuki kawasan Bukit Sidoguro, Desa Krakitan. Kedatangan mereka ini untuk mengikuti tradisi rebutan ketupat pada puncak perayaan Syawalan.

Ada sebanyak 36 gunungan ketupat yang diperebutkan di acara tersebut. Ketupat itu merupakan hasil buatan dari berbagai instansi seperti kantor pemerintahan tingkat desa serta kecamatan di Klaten.

Tradisi rebutan ketupat di Bukit Sidoguro merupakan tradisi turun temurun yang digelar setiap tahunnya di bulan Syawal. Masyarakat menganggap ketupat dari gunungan itu dapat membawa berkah bagi mereka yang mendapatkannya.

Bupati Klaten, Sunarno mengatakan, obyek wisata Rawa Jombor merupakan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Klaten. Tradisi perayaan Syawalan berupa rebutan ketupat ini merupakan nilai budaya yang harus dijaga kelestariaannya.

“Kegiatan ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar elemen masyarakat. Selain untuk melestarikan budaya diharapkan juga mampu mendongkrak pemasukan untuk pembangunan Klaten,” ujarnya.



Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS