0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

173 Polisi Amankan Syawalan di Rawa Jombor

- Timlo.net
Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto

Tradisi rebutan gunungan ketupat pada puncak Syawalan di Rawa Jombor, Bayat, Klaten. (Dokumen 2011)

Klaten – Polres Klaten menerjunkan 173 personelnya guna pengamanan puncak perayaan Syawalan di Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Minggu (26/8).

Kapolres Klaten AKBP Kalingga Rendra Raharja melalui Kabag Ops Polres Klaten Kompol Edi Wibowo, mengatakan ada sebanyak 140 personel ditambah 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Brimob atau sekitar 33 personil.

“Kami juga menerjunkan tim sterilisasi yang akan melakukan pemeriksaan lokasi perayaan,” ujar Kompol Edi kepada Timlo.net, Sabtu (25/8).

Kompol Edi mengatakan, pengaman dilakukan mulai dari berlangsungnya kirab gunungan ketupat dari Alun-alun Klaten hingga lokasi perayaan di Rawa Jombor.

“Di lokasi perayaan itu, personel akan disebar di dua titik yakni Krakitan Bayat dan Jimbung Kalikotes,” ujarnya.

Dalam pengaman itu, polisi juga bekerjasama dengan TNI dan masyarakat sekitar. Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi tindak kriminal saat tradisi perayaan Syawalan berlangsung.

Sementara itu, dalam tradisi Syawalan itu ribuan masyarakat akan berebut gunungan ketupat di Bukit Sidoguro, Desa Krakitan. Perayaan itu merupakan tradisi turun temurun yang digelar sejak nenek moyang mereka.

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS