0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

Festival Lampion Iringi Malam Takbiran

- Timlo.net
dok.timlo.net/agung

dok.timlo.net/agung

Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman membuka acara festival lampion bersama para Forum Pimpinan Daerah, Sabtu (18/8) malam, di halaman Kantor Pemkab Sragen.

SragenAllahu Akbar.., Allahu Akbar.., Allahu Akbar…. Takbir akbar menyambut malam Hari Raya Iduk Fitri 1433 H di halaman Kantor Pemkab Sragen, Sabtu (18/8) malam berlangsung semarak. Dengan disaksikan ribuan warga, berbagai pertunjukan untuk menyambut bulan kemenangan bagi umat muslim tersebut ditampilkan dengan suka cita oleh perwakilan 20 kecamatan di Sragen. Pertunjukan yang ditampilkan adalah festival lampion, parade bedug dan parade rebana. Acara ini sekaligus juga untuk memeringati HUT RI ke-67.

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman membuka acara pertama berupa festival lampion yang diikuti oleh anak-anak Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di 20 kecamatan. “Marilah kita rayakan Hari kemenangan ini, setelah kita dilatih selama 30 hari untuk mengekang hawa nafsu. Sekaligus marilah kita rayakan hari kemerdekaan Indonesia,” kata Bupati.

Selanjutnya dengan mengucap ‘Bismillahirahmannirrahim’ bupati mengangkat lampion diikuti dengan langkah kaki dari anak-anak TPA. Ratusan anak TPA ini kemudian mengucapkan gema takbir sambil membawa lampion berjalan kaki menyusuri pelosok Kelurahan Sragen Tengah sejauh 1 Km. Mereka berjalan dari Pemkab Sragen ke arah Utara Jalan Ade Irma Suryani Nasution – Barat menuju Jalan Ahmad Yani – Pos Lalu Lintas – ke arah Timur Jalan Raya Sukowati – kembali ke Pemkab Sragen. gemerlap yang dipancarkan dari lampu lampion menambah semaraknya dari malam takbiran tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Sragen, Poedarwanto, ketika ditemui Timlo.net, di sela-sela acara mengatakan, kegiatan ini adalah baru pertama kali diadakan di Sragen. “Ini baru pertama kali diadakan, sesuai dengan program pemerintah yaitu untuk menjaga persatuan kesatuan dan untuk mengembangkan kesenian di daerah,” katanya.

Menurutnya, acara ini merupakan kolaborasi antara  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sragen dan Dewan Kesenian Daerah Sragen (DKDS).

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS