0271-3022735 redaksi@timlo.net
default-logo

3 Gerakan Badan Pereda Sakit Boyok

- Timlo.net

Timlo.net –  Sakit boyok atau pinggang sering dihubungkan dengan sakit punggung, yang terjadi karena tulang-tulang Anda menjepit syaraf-syaraf, atau melakukan sesuatu yang menekan atau membuat otot-otot yang berlokasi di sekitar panggul menjadi tegang. Rasa sakit itu sendiri bisa menjadi menyiksa dan bisa tidak dapat diobati bila tidak ditangani secara benar dan cepat.

Seperti dilansir dari livestrong.com, latihan-latihan fisik berikut ini bisa menolong meringankan rasa sakit di punggung dan pinggang serta mengembalikan kemampuan gerak otot-otot panggung dan sendi-sendi.

Pelvic Tilts

Gerakan yang disebut pelvic tilt dimulai dengan Anda berbaring di lantai atau matras, pastikan punggung Anda rata dengan lantai. Tekuk lutut Anda, sementara kedua kaki tetap menyentuh lantai. Taruh tangan kiri di sebelah kiri dan tangan kanan di sebelah kanan. Ada dua versi pelvic tilt: anterior tilt dan posterior tilt.

Mulailah dengan anterior tilt dengan menjaga punggung Anda rata dengan lantai dan menekuk kedua lutut sementara kaki tetap menyentuh lantai. Kencangkan otot perut lalu secara perlahan-lahan angkat panggul atau boyok Anda ke atas. Sementara Anda mengangkat panggul Anda ke atas, jagalah punggung, dan bahu dan tangan tetap menyentuh lantai. Tahan selama lima detik dan turunkan secara perlahan-lahan.

Sementara untuk posterior tilt menggunakan posisi yang sama dengan anterior tilt. Hanya yang harus kita lakukan adalah sebaliknya yaitu menekan pinggul kita ke lantai. Tahan selama sepuluh detik, lepaskan dan ulangi lagi.

McKenzie Extension

Gerakan McKenzie Extension tidak direkomendasikan untuk mereka yang menderita sakit punggung yang parah. Idealnya, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter bila Anda ingin melatih gerakan ini tapi sudah menderita sakit punggung. Gerakan ini perlu dilakukan secara perlahan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Untuk memulai gerakan ini, berbaringlah di lantai dengan perut menyentuh lantai dan bagian punggung di atas. Jangan angkat pinggul Anda selama melakukan gerakan ini atau Anda akan mengalami rasa sakit. Angkat bagian tubuh atas Anda sehingga bagian dada menjauhi lantai dengan menggunakan bantuan tangan, tahan selama lima detik. Lalu secara perlahan kembali ke posisi awal.

Hip Roll

Gerakan hip roll menggunakan pinggul dan kaki sebagai alat untuk meregangkan otot-otot di bagian panggul yang sakit, dan memerlukan sebuah meja atau permukaan yang kuat. Berbaringlah dengan punggung Anda menyentuh lantai dan kedua lutut ditekuk sementara kaki tidak menyentuh lantai (kedua telapak kaki diangkat lebih tinggi beberapa cm dari lantai). Silangkan kedua tangan di atas dada (atau sedakep). Secara pelan-pelan gerakkan kepala Anda ke satu sisi sementara lutut Anda bergerak ke sisi lain yang berkebalikan. Pastikan gerakan lutut Anda terjadi secara alami karena bila Anda memaksa lutut Anda untuk bergerak, Anda akan mengalami rasa sakit. Kembali ke posisi semula dan lakukan lagi gerakan sebelumnya dengan arah yang berlainan.

 

 

Berita Terkait

Komentar Anda

Tinggalkan Pesan

*

KEMBALI KE ATAS