0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sekda Solo: Tak Ada Blacklist

SIEM Batal, Anggaran Rp150 Juta Kembali ke Kasda

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budhi Suharto (dok.timlo.net/dhefi)

Solo —  Setelah sempat mengalami ketidakpastian diselenggarakan atau tidak, pelaksanaan Solo International Ethnic Musik (SIEM) 2012 ditiadakan. Hal ini karena gelaran SIEM tahun ini telah kehilangan moment dengan munculnya Kretakencana Worldmusic Festival (KWF).

Sekda Kota Surakarta, Budhi Suharto, mengatakan jika tetap dipaksakan untuk dilaksanakan, sementara pelaksanaanya begitu dekat dengan KWF yang baru saja berlangsung justru nantinya tidak efektif. “Kita harus realistis. Kalau tetap dilaksanakan sementara jaraknya dekat dengan KWF justru tidak baik. Kemungkinan kita coret dalam APBD Perubahan nanti,” terang Budhi kepada wartawan (10/7) di Balaikota.

Hal tersebut, lanjut Budi, merupakan kebijakan Walikota untuk tidak melaksanakan SIEM di tahun ini. Dengan demikian, anggaran SIEM sebesar Rp 150 juta akan dikembalikan ke kas daerah (Kasda). “Dinamika ini tentu kita sikapi dengan penganggarannya. Anggarannya nanti kembali, kan kemarin juga belum dicairkan, ” imbuhnya.

Ditanya perihal kemungkinan Dewan tidak akan menganggarkan anggaran SIEM di tahun depan, Budhi tidak menampik hal tersebut. Menurutnya perdebatan dengan dewan sangat mungkin ada. “Saya yakin perdebatan pasti ada. Hanya saja, bagaimana kita menjelaskan dengan alasan-alasan kenapa tahun ini ditiadakan dan kemudian tahun depan perlu diadakan. Dengan penjelasan dan alasan yang bisa diterima akal sehat kok saya rasa tidak ada masalah,” ujar Budhi.

Lebih lanjut Budhi menjelaskan, pihaknya akan tetap merangkul seniman- seniman yang ada untuk SIEM ke depan. “Saya rasa, dalam konteks budaya tidak ada semacam blaklist. Semuanya tetap kita rangkul. Bukan berarti Pemkot tidak tegas, hanya saja menjadi pembelajaran untuk semua pihak untuk mejalankan fungsi masing-masing. Ikatan dengan dengan seniman bukan ikatan semata-mata masalah uang,” pungkasnya.

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge