0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SBC 5 Tanpa Jokowi

SBC (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Penyelenggaraan event akbar Solo Batik Carnival (SBC) 5 tanpa dihadiri Walikota Solo Joko Widodo. Saat ini, Jokowi, sapaan walikota, tidak bisa menghadiri pagelaran kesenian rakyat Solo tersebut karena masih dalam masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

Selain Jokowi, event tersebut juga tidak dihadiri Menteri Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Menparekraf) Marie Elka Pangestu. Marie terpaksa harus menyapa ribuan penonton yang ada di dalam stadion melalui layar proyektor yang disediakan panitia. Lewat layar itulah, Menparekraf menyapa warga Solo. “Saya mohon maaf tidak bisa datang dalam SBC tahun ini. Salam untuk warga Solo,” ungkapnya, Sabtu (30/6) malam.

Dalam acara tersebut, hadir Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Sejumlah pejabat pusat seperti Direktur Desain dan Arsitektur Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek Poppy Savitri, Direktur Pengembangan Ekspor dan Ekonomi Kreatif Kementrian Perdagangan, Dody Edward juga hadir dalam acara itu. Nampak pula Paku Buwono (PB) XIII Sinuhun Hangabehi bersama Patih KGPH Panembahan Agung Tedjowulan yang sangat antusias menyaksikan acara demi acara.

Bintang tamu yang dihadirkan dalam acara tersebut juga cukup populer, seperti Puteri Indonesia 2011 Maria Selena, Puteri Indonesia Lingkungan 2011, Liza Elly Purnamasari, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2011, Andi Natassa. Penampilan ketiga bintang tamu tersebut mendapatkan aplaus dari masyarakat. Selain itu, nampak pula artis asal Solo, Sruti Respati yang tampil memukau di pembukaan acara.

Event¬† bertajuk “metamorfosis” itu menggambarkan proses pembuatan batik, yang semula berasal dari kain putih menjadi sebuah maha karya anak bangsa. Penggambaran proses tersebut terdefinisikan menjadi 4 tahapan, yang diberi nama metamorfosis 1, 2, 3 dan 4. Masing-masing jenis mempunyai corak dan motif yang berbeda.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge