0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puteri Indonesia Bikin Cantik SBC 5

Puteri Indonesia, Puteri Pariwisata, dan Puteri Lingkungan Hidup mempercantik SBC 5 di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (30/6). (Dok.Timlo.net/ Iwan Kawul)

Solo — Putri Indonesia 2011 Maria Selena memeriahkan pementasan kolosal Solo Batik Carnival ke-5 di Stadion Sriwedari, Sabtu (30/6) malam. Maria mempercantik event ikon Kota Solo tersebut bersama dengan Puteri Lingkungan Hidup, dan Putri Pariwisata.

Maria tampak anggun mengenakan pakaian putih-putih dengan corak keemasan. Putri Pariwisata mengenakan kostum serba hijau, sementara Putri Lingkungan Hidup mengenakan kostum putih-putih dengan pernak pernik keemasan.

Acara yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB tersebut diawali dengan performance dua seniman asal Solo, St Wiyono  dan sinden kondang Sruti Respati. Pria yang kerap disapa dengan Pak Wi tersebut membawakan sebuah syair Jawa yang mengisahkan proses metamorfosis yang menjadi tema pagelaran SBC kali ini. Sementara, Sruti Respati dengan mengenakan pakaian serba putih membawakan sebuah tarian yang menggambarkan proses metamorfosis pembuatan batik.

Di belakangnya, puluhan penari dengan gerakan tubuhnya melukiskan proses pembuatan batik sebagai salah satu maha karya budaya nusantara. Dilambangkan dengan kain warna putih, menggambarkan proses awal pembuatan batik dari selembar kain kosong. Oleh seorang seniman batik, dari goresan-goresan tangannya  lahirlah batik sebagai maha karya budaya bangsa. Puluhan penari dengan menggunakan berbagai macam corak batik melambangkan aneka ragam karya batik nusantara.

Selanjutnya, 300an peserta membawakan hasil karya mereka di dalam stadion berkapasitas 5000 penonton tersebut. Corak dan tema busana yang dikenakan oleh peserta terbagi dalam 4 jenis, yakni meta 1, meta 2, meta 3 dan meta 4. Masing-masing jenis mempunyai ciri khas dan identitas yang tercermin dalam busana yang mereka kenakan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge