0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Media Online Harus Tentukan Segmen

PU Timlo.net, Irawan Mintorogo sedang menyampaikan materi dalam workshop media online. (Dok.Timlo.net/Daryono)

Solo — Era digital membawa perkembangan bagi perkembangan dunia jurnalisme. Jurnalisme media online menjadi kebutuhan disaat semakin tingginya mobilitas masyarakat. Hal itulah salah satu yang mengemuka dalam Workshop Nasional Media Online yang digelar Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Apresiasi, Sabtu (30/6) di kampus Unisri.

Workshop tersebut menghadirkan Konsultan IT and PR Ensis Core Jakarta, Iwan Triono dan Pemimpin Umum (PU) Portal Informasi Timlo.net, Irawan Mintorogo. Workshop dengan tema “Manajemen dan Prospek Media Online di Era Digital” tersebut diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai kampus se- Soloraya.

Dalam materinya, PU Timlo.net, Irawan Mintorogo mengatakan media online memiliki kelebihan dibanding media cetak, di antaranya kecepatan berita dan pengarsipan berita yang tak terbatas. Selain itu media online semacam portal informasi juga seharusnya menentukan segmen bagi pembacanya. “Penentuan segmen itu sebagai acuan akan dibawa kemana media tersebut,” ungkap Irawan.

Sementara pembicara kedua, Iwan Triono mengatakan dalam mengelola media online yang utama dibutuhkan adalah keseriusan untuk terus menerus mengelolanya. Tak hanya itu, kecenderungan media online dewasa ini juga lebih bersifat spesifik.

“Ada portal yang hanya membahas olahraga. Bahkan bisa lebih spesifik portal bola, badminton dan sebagainya,” ungkap lelaki yang pernah 11 tahun di portal Detik.com.

Sementara Ketua Pelaksana Workshop, Ayu Cholisna, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Dies Natalis Unisri yang ke-32. “Workshop ini juga merupakan rangkaian kegiatan Jurnalistik Expo yang digelar LPM Apresiasi setiap tahunnya,” ujar mahasiswi fakultas hukum ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge