0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kegiatan Pertambangan Wonogiri Banyak Masalah

Aktifitas penambangan emas di Desa Jendi Selogiri Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Beberapa pejabat Pemkab Wonogiri menyebut hingga saat ini masih banyak masalah dan kendala dalam kegiatan pertambangan. Masalah itu mulai belum adanya jaminan hingga pelaksanaan usaha tambang yang belum mengacu ke regulasi.

Sekretaris Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Kabupaten Wonogiri, Ribut Sasongko mengatakan ada banyak perusahaan tambang yang produksinya belum maksimal. Lantaran belum mampu menempatkan jaminan reklamasi secara benar.

“Reklamasi merupakan unsur pokok dalam setiap usaha pemanfaatan kekayaan yang terkandung dalam tanah, guna memastikan kelangsungan pelestarian lingkungan sebelum, saat produksi hingga pasca produksi, nah banyak yang belum menempatkan jaminan reklamasi ini secara benar, padahal sudah ada peraturannya (PP Nomor 78 Tahun 2010 tentang Reklamasi dan Pasca Tambang –Red),“ kata Ribut, Sabtu (30/6).

Asisten Setda Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Bambang mengungkapkan, wacana menuju Good Mining Practise belum dapat dilaksanakan. Gara-garanya pengusaha belum melakakukan kewajibannya.

“Seperti pembayaran pajak dan retribusi yang sesuai dengan kenyataan, atau program CSR (Corporate Social Responsibility), maupun penempatan jaminan reklamasi belum sepenuhnya dilakukan, tapi tetap kita arahkan supaya lambat laun semakin baik,“ ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge